Geliat Batik Betawi dalam Uniknya Sajian Corak Khas Jakarta

Pameran busana batik betawi
Sumber :
  • Viva.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Batik kini masih menjadi primadona yang diakui  pesonanya. Tak hanya dari beberapa wilayah terkenalnya yaitu pulau jawa, Kini beberapa daerah di nusantara juga telah memiliiki batik khasnya masing-masing.

Usai Batik Betawi, Kini Jakarta Punya Batik Marunda

Salah satu batik yang mulai mencuat namanya adalah batik khas Betawi. Salah satu brand fesyen lokal yang sangat mendukung dan melestarikan batik Indonesia adalah Elemwe, belum lama ini, telah mempopulerkan ragam batik khas Ibu Kota ini.

Sedikitnya 16 koleksi modest wear yang terbagi menjadi 14 busana wanita dan 2 pria dipamerkan pada acara Fashion + Art Vibes #02 by Esmod Jakarta. Mengangkat tema Bangga Batik Indonesia, Elemwe menghasilkan busana dengan aksen batik Betawi yang lebih modern namun tetap terlihat sopan, anggun, dan elegan. 

Jelang Konser di Indonesia, Vokalis Judas Priest Pakai Batik

"Pada kesempatan ini, Elemwe turut serta memeriahkan dan memperkenalkan batik Betawi lewat 16 outfit yang terdiri dari 14 busana wanita dan 2 pria bertema Bangga Batik Indonesia. Koleksi ini menghasilkan busana dengan aksen batik Betawi yang lebih modern namun tetap terlihat sopan, anggun, dan elegan," ujar Lily Mariasari pemilik label Elemwe pemilik label kepada VIVA.co.id.

Dia menuturkan bahwa koleksi tersebut terdapat bahan dasar polos yang dikombinasikan dengan bordir dan payet.  Tak hanya Elemwe, brand lokal lain yakni Neng Mas turut berkontribusi dalam melestarikan batik.

Begini Cara Mencuci Batik Biar Awet dan Warnanya Enggak Luntur

Merek yang sangat mengedepankan budaya dan permain anak-anak tradisional ini mencoba menyampaikan permain dolanan bertema The Heritage of Indonesia. Neng Mas yang konsisten menyajikan batik untuk anak-anak meghadirkan desain yang smart casual untuk anak di atas motif batik cap dan tulis khusus sebanyak 12 looks.

"Neng Mas mencoba menyampaikan tema permainan tradisional Dolanan The Heritage of Indonesia sebanyak 12 koleksi. Material yang digunakan untuk semua produk Neng Mas adalah katun premium yang mengutamakan kenyamanan bagi anak di atas motif batik cap dan tulis khusus," ujar Poetrie Hanjani pemilik brand Neng Mas.

Atta Halilintar

Gaya Busana Dikritik, Intip 5 Padu Padan Kemeja Batik Atta Halilintar

Atta Halilintar bahkan pakai batik saat liburan di luar negeri.

img_title
VIVA.co.id
8 September 2020