Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 10 Agustus 2017 | 17:24 WIB
  • Mendesain Baju Tak Sulit, Begini Caranya

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Linda Hasibuan
Mendesain Baju Tak Sulit, Begini Caranya
Photo :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan
Karya mahasiswa LaSalle College Jakarta

VIVA.co.id – Pemahaman dalam mendesain busana seringkali membingungkan. Padahal, mendesain busana tidak akan sulit jika tahu triknya.

Shinta Djiwatampu selaku Fashion Design Program Director LaSalle College Jakarta mengatakan, bahwa dalam membuat pola baju atau busana harus memerhatikan bentuk tubuh. Sebab sempurna atau tidaknya baju buatan bergantung dari detail pola baju yang dibuat.

Cara membuat pola baju tidak sesulit yang dibayangkan. Anda cukup menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti gunting, kertas, pensil, dan penghapus.

"Intinya, pola yang telah dibuat akan menjadi acuan dalam pembuatan baju agar tidak terjadi kesalahan dalam pembuatannya, khususnya saat proses pemotongan kain. Pertama-tama, siapkan gunting, kertas, pensil, dan penghapus," ujar Shinta kepada VIVA.co.id di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 10 Agustus 2017.

Dia menuturkan, untuk membuat pola mulailah dari pola dasar yang meliputi bagian bahu hingga ke bagian pinggang. Selanjutnya buat pola dasar bagian bawah yang diukur mulai dari pinggang hingga ke lutut atau diteruskan sampai ke mata kaki.

Bila menggunakan lengan, buatlah dengan membentuk bagian yang meliputi lengan atas hingga siku untuk lengan pendek. Sedangkan untuk lengan panjang dapat diteruskan hingga ke pergelangan tangan.

Berbeda dengan pola dasar bagian atas dan bawah, pola badan atas dan pola badan bawah diaplikasikan dalam pembuatan baju terusan atau gaun. Itulah empat pola dasar yang umum berada di setiap pola baju yang akan dibuat. (mus)