Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 11 Agustus 2017 | 16:43 WIB
  • Cara Alami dan Efektif Menangkal Penuaan Dini

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Raudhatul Zannah
Cara Alami dan Efektif Menangkal Penuaan Dini
Photo :
  • Pixabay/Claudioscot
Ilustrasi wanita bercermin.

VIVA.co.id – Mengenakan make-up bisa membuat wajah terlihat cantik. Namun, make-up juga mampu membuat wajah menjadi kusam dan cepat menua jika tidak disertai dengan perawatan yang tepat.

Mengingat hal itu, ada baiknya melakukan perawatan secara alami. Bahkan, cara alami ini diklaim dapat mencegah penuaan dini.

Berikut ini beberapa cara mudah dan alami untuk membuat wajah tampak lebih muda, seperti dikutip dari Times of India, Jumat, 11 Agustus 2017.

Minyak zaitun dan madu

Campurkan minyak zaitun dan madu dengan takaran yang sama. Oleskan campuran itu pada kulit dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Kemudian cuci hingga bersih.

Minyak zaitun dan madu memiliki nutrisi dan sangat efektif melawaan penuaan dini. Diketahui, minyak zaitun memiliki antioksidan dan senyawa yang dapat melindungi dari paparan sinar matahari, sehingga sangat baik untuk perawatan kulit.

Cuka sari apel

Masukkan setengah botol cuka sari apel dengan satu botol air ke dalam botol spray, lalu semprotkan pada bagian wajah secara rutin setiap hari. Cuka sari apel mengandung asam yang sangat efektif dalam menyingkirkan kulit mati dan membuat kulit sehat dan bersinar. Cuka sari apel juga efektif mengurangi bintik-bintik hitam.

Yogurt

Ambil setengah cangkir yogurt untuk dioleskan pada wajah. Biarkan selama 20 menit atau sampai kering. Kemudian cuci dengan air dingin. Yogurt kaya akan asam laktat, sehingga sangat baik untuk regenerasi sel kulit.

Pepaya

Hancurkan pepaya menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah dan biarkan selama 20 menit atau sampai kering, lalu bilas dengan air dingin. Pepaya kaya akan antioksidan dan sangat baik untuk memulihkan tanda-tanda penuaan dari kulit, melembapkan kulit kering.

Air mawar, lemon, dan gliserin

Campurkan air mawar, jus lemon, dan gliserin dengan takaran 2:1:1. Kemudian gosokkan campuran itu menggunakan kapas ke wajah Anda. Lakukan ini setiap hari menjelang tidur.

Air mawar adalah atau penyegar alami dan lemon mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk kulit, sedangkan gliserin dapat menjaga kelembapan kulit dan kombinasi ketiganya akan menutrisi kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. (mus)