Perawatan Tepat untuk Kulit Wajah Sensitif

Ilustrasi wanita cantik.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla5

VIVA.co.id – Padatnya aktivitas kaum urban seringkali memengaruhi kondisi kulit pada wajah. Polusi seperti asap dan debu menyebabkan kulit menjadi kusam dan warna kulit tidak merata.

Mengenal Lavieen Thulium Fractional Laser, Solusi Terkini untuk Kulit Bersih dan Mulus

Hal ini membuat penampilan Anda menjadi tidak menarik dan menurunkan rasa percaya diri. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, itu menjadi perhatian khusus sebab produk kecantikan yang Anda terapkan harus sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Menurut dr Eddy Karta, SpKK, perawatan muka untuk kulit sensitif memang sedikit agak berbeda dibandingkan dengan perawatan untuk jenis kulit lainnya. Ini karena jenis kulit muka sensitif lebih rentan terhadap munculnya jerawat, flek hitam dan kemerahan.

Mau Perawatan Menyeluruh dari Wajah Sampai Tubuh? Ini Pilihannya

Dan sebenarnya, untuk pemilihan krim tidak ada kriteria khusus. Hanya saja hindari produk yang mengandung paraben, sebaliknya gunakan produk yang mengandung minyak alami seperti minyak zaitun.

"Kalau kulit sensitif itu harus hati-hati dalam pemakaian produk, bahkan penggunaan kapas juga bisa menimbulkan sensitivitas. Jadi kalau menurut saya, produknya pilih yang berbahan alam seperti minyak zaitun," ujar Eddy saat ditemui pada acara peluncuran Optimals Even Out dari Oriflame Sweden di kawasan Jakarta Pusat, Selasa, 5 September 2017.

Amanda Manopo Bantah Lakukan Operasi Plastik

Dia menuturkan bahwa  sebisa mungkin hindari pemakaian produk yang mengandung banyak kimia. Misalnya, sabun cuci muka, hindari yang mengandung alkohol karena dapat membuat kulit muka Anda menjadi iritasi, kemerahan atau muncul jerawat.

Selain itu, rajinlah membersihkan wajah dengan baik. Sebab bila tidak, make-up dan kotoran yang menempel lama di kulit akan menyebabkan iritasi dan jerawat.

"Biasanya orang yang ber-make-up bisa lebih cepat merasakan efek wajah iritasi atau sensitif. Untuk itu, rajinlah membersihkan wajah dengan sabun sesuai jenis kondisi kulit," ucap dia.

Setelah kulit sensitif membaik, Anda bisa mencoba beberapa produk lainnya. Hanya saja, harus dalam pengawasan dokter dan terkontrol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya