Menguak Penyebab Hiperpigmentasi pada Remaja

Remaja
Sumber :
  • Pixabay/Cheryl Holt

VIVA.co.id – Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi wanita. Keindahan serta kesehatannya harus dijaga sejak dini.

Viral Seorang Ibu Ditendang dan Dipukul 2 Anak Remaja

Namun seiring berkembangnya zaman, tingkat polusi dan gaya hidup semakin tidak terkontrol sehingga menyebabkan para remaja sudah mengalami hiperpigmentasi pada kulitnya. Bahkan rasa keingintahuan dalam mencoba krim pemutih wajah secara asal pun semakin meningkat.

Menurut dr. Anggraeni Noviandini, SpKK bahwa hiperpigmentasi adalah suatu kondisi pada kulit yang disebabkan oleh peningkatan melanin, zat dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk pewarnaan kulit. Hal tersebut terjadi ketika area tertentu di area wajah rusak.

Kandungan ini Diklaim Mampu Ganti Hydroquinone, Atasi Hiperpigmentasi

"Jadi para remaja sekarang banyak yang sudah mengalami hiperpigmentasi, yang disebabkan gaya hidup dan pemakaian produk kecantikan secara berlebihan. Hiperpigmentasi terjadi ketika area tertentu di area wajah rusak," ujar ahli kulit dari  dari NMW Skin Care tersebut kepada VIVA.co.id.

Dia menuturkan bahwa tanda hiperpigmentasi bisa dikenali dengan baik. Beberapa di antaranya, munculnya jerawat dan flek hitam di wajah.

Viral Anak Remaja Borong Indomaret Sampai Habis

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menggunakan pelembap yang mengandung tabir surya. Pilihlah produk pelembap wajah dengan perlindungan UVA dan UVB dengan minimal SPF 15.

"Jadi tanda-tandanya muncul bercak-bercak kecokletan sama adanya jerawat. Ini bisa diatasi dengan pemakaian krim pengelupasan dan pemilihan produk pelembap yang tepat," lanjut dia. (ren)

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.

5 Alasan Penting Menggunakan Tabir Surya untuk Melindungi Kulit

Untuk melindungi diri dari risiko sinar UV yang merugikan, penggunaan tabir surya adalah sebuah kewajiban bagi setiap individu yang peduli dengan kesehatan kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2023