Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 10:46 WIB
  • Rahasia Perawatan Kulit Bebas Kusam

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Isra Berlian
Rahasia Perawatan Kulit Bebas Kusam
Photo :
  • Pexels/Breakingpic
Ilustrasi perawatan wajah.

VIVA.co.id – Memiliki kulit wajah yang sehat, kenyal, cerah bercahaya dan bebas jerawat adalah impian semua wanita di dunia ini. Namun, untuk mendapatkan itu semua, tak banyak dari wanita yang memahami langkah-langkah perawatan kulit yang tepat untuk mendapatkan kulit wajah idaman tersebut.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, salah satu dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Sari Chairunissa, menjelaskan bahwa untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah perlu tiga langkah dasar perawatan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah, mulai dari pembersihan, pemberian nutrisi dan pelembab, serta perlindungan. Langkah-langkah dasar tersebut, katanya, harus dilakukan dengan benar dan disesuaikan waktunya antara pagi dengan malam.

"Langkah penting untuk mengawali perawatan kulit wajah adalah pembersihan. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari, termasuk jika menggunakan make-up," ungkapnya saat ditemui di kawasan Senayan Jakarta, Senin 11 September 2017.

Dia melanjutkan, dalam membersihkan make up yang masih menempel bisa menggunakan make up remover atau cleanser. Setelah wajah sudah bersih dari noda make up, kemudian dilanjutkan dengan membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash.

"Nah untuk malam hari, tambahkan langkah pembersihan menggunakan exfoliating lotion agar wajah bersih sempurna dan regenerasi kulit pada malam hari berlangsung optimal," bebernya.

Setelah melakukan pembersihan wajah, kulit harus diberi nutrisi dan pelembab. Ini dimaksudkan agar kulit berada di kondisi ideal, yaitu bebas kusam, lembab, kenyal serta lembut. Dia pun menjelaskan bahwa sebelum memberikan nutrisi, pastikan kulit wajah dalam kondisi lembab terlebih dahulu agar nutrisi dari perawatan selanjutnya dapat terserap dengan baik.

"Bantu kulit mendapatkan kembali kelembabannya yang hilang dengan mengoleskan treatment essence. Nah untuk pemberian nutrisi untuk kulit ini bisa dilakukan sebelum melembabkannya dengan menggunakan serum pada malam hari. Tunggu beberapa menit sampai menyerap, baru oleskan krim pagi atau krim malam," tuturnya.

Langkah terakhir untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, bersih dan bercahaya adalah dengan memberikan perlindungan kulit dari sinar matahari dan polusi yang dapat merusak kulit wajah.

"Untuk melindungi kulit dari sinar UV, gunakan sunscreen yang mengandung SPF dan PA, agar praktis, gunakan krim pagi yang sudah mengandung sunscreen aktif SPF dan PA yang sesuai dengan kondisi iklim di Indonesia yang ideal disarankan menggunakan SPF 30 dan PA +2 atau +3," terangnya. (one)