Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 11:45 WIB
  • Saat ke Pantai, Berapa Kali Harus Pakai Tabir Surya?

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Isra Berlian
Saat ke Pantai, Berapa Kali Harus Pakai Tabir Surya?
Photo :
  • Pexels/Pixabay
Ilustrasi liburan/pantai.

VIVA.co.id – Penggunaan sunscreen, atau tabir surya menjadi salah satu hal wajib ketika beraktivitas di luar ruangan. Penggunaan sunscreen itu dimaksudkan untuk menghalangi sengatan sinar matahari yang mengganggu kesehatan kulit tubuh. 

Namun, ada beberapa orang yang kemudian mengaku tidak terbantu dengan penggunaan sunscreen, karena dirinya merasa kulitnya tetap menghitam, atau menjadi gosong meski telah mengoleskan sunscreen.

Ternyata, penggunaannya yang kurang tepat, atau hanya sekedar asal oles memang sangat mengurangi efektivitas dari sunscreen untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. 

Lalu, penggunaan seperti apa yang sebaiknya dilakukan agar mendapatkan hasil maksimal? Berikut ini, saran dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Sari Chairunissa, SpKK saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin 11 September 2017.

1. Gunakan sunscreen 15 hingga 30 menit sebelum beraktivitas. Ini dimaksudkan agar kulit tidak terbakar. 

2. Lapisi kembali sunscreen setelah 2,5 hingga lima jam setelah diaplikasikan pertama kali. 

"Kalau aktivitas outdoor per tiga jam diulangnya. Untuk penggunaan kembali sunscreen ini digunakan tanpa harus melakukan cuci muka pun tidak dipermasalahkan. Kalau panduannya, ditumpuk langsung tidak ada masalah," ujar Sari.

3. Penggunaannya pun sebanyak satu gram per luas muka. 

"Gampangnya, untuk penggunaan daily bisa dengan satu ruas jari penuh. Tapi kalau di pantai, penggunaan sunscreen untuk muka dan leher takarannya sebanyak satu sendok teh," kata dia.

4. Untuk kulit wajah di Indonesia bisa menggunakan sunscreen dengan SPF 30. 

"Saat kamu memilih sunscreen, pastikan produk yang kamu pilih juga melindungimu dari UVA, produk ini biasanya ditandai dengan kode PA+, PA ++, PA+++," ucapnya.