Bahaya di Balik Kebiasaan Memencet Jerawat

Ilustrasi kulit bermasalah
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA.co.id – Memiliki wajah bersih dan mulus tanpa jerawat adalah impian. Tapi banyak orang yang punya kebiasaan buruk memencet jerawat mereka karena merasa terganggu. Padahal sebenarnya hal tersebut sangatlah berbahaya.

Tips Merawat Kulit di Tengah Polusi Udara, Salah Satunya Pilih Skincare dengan Bahan Ini

Memencet dikhawatirkan akan mengakibatkan luka dan menimbulkan bekas pada kulit. Kenapa demikian?

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Sari Chairunissa, SpKK mengatakan, itu terjadi karena pada saat memencet jerawat, kondisi tangan dan lingkungan di sekitar Anda belum tentu bersih.

Tak Boleh Sembarangan, Ketahui Tips Memilih Skincare yang Tepat

"Jangan sampai dipencet, karena belum tentu tangan atau lingkungan kita bersih. Yang dikhawatirkan dari jerawat adalah bekasnya. Makin besar jerawat, maka makin besar bekasnya. Makanya enggak dianjurkan ditekan-tekan, nantinya malah bikin radangnya besar dan risikonya bekas jerawat itu makin besar," ucapnya kepada VIVA.co.id belum lama ini.

Ia pun menjelaskan pentingnya untuk sering membersihkan muka secara teratur dengan baik dan benar. Mengingat, menurut studi, 80 persen jerawat bisa sembuh sendiri.

Pakai Makeup Setiap Hari? Begini Cara Bersihkan Wajah yang Benar

"Yang penting rajin jaga kebersihan muka. Tapi kalau sudah parah seperti ada lebih dari sepuluh atau lima belas jerawat yang meradang, memera dan seperti ada matanya itu harus dibawa ke dokter," kata dia.

Nanti akan dilakukan tindakan atau treatment oleh dokter.

"Nanti dokter akan lihat, kalau dia lokasi ini atau bentuknya seperti ini akan ada tindakan yang sesuai dengan kondisi jerawatnya itu," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya