Menguak Khasiat Luar Biasa Kopi untuk Kecantikan

Kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Untuk merawat kecantikan, tak perlu biaya mahal dan cara sulit. Sebab, bahan di sekitar kita bisa digunakan untuk merawat kulit dan kecantikan.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Dan, bagi Anda para pecinta kopi, ini bonus untuk Anda. Selain bisa meningkatkan energi, kopi juga memiliki manfaat menakjubkan untuk kecantikan kulit. Anda bisa mengaplikasikannya secara eksternal dengan menggosokkan sisa ampas kopi ke kulit, atau yang praktis memakai sabun maupun krim dengan kandungan kopi.

Dan, berikut ini sederet manfaat luar biasa kopi yang bagus untuk kecantikan kulit seperti dilansir dari Times of India.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Sumber antioksidan

Lingkungan penuh dengan radikal bebas seperti polusi, yang tidak baik untuk kesehatan kulit. Namun, kandungan antioksidan dalam kopi dapat melindungi dan memperkuat pertahanan alami kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji kopi dapat berperan melestarikan sel kulit karena kandungan antioksidannya.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Melindungi dari bahaya sinar matahari

Ultra violet B, atau UVB berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan munculnya masalah, atau penyakit kulit yang mengancam jiwa, seperti kanker kulit. Namun memakai krim yang mengandung kafein dapat melindungi kulit dari zat karsinogen. Menurut penelitian lain, kafein bisa menghambat respons kerusakan DNA, sehingga melindungi kulit dari efek buruk UVB.

Membuat kulit halus dan cerah

Kopi memiliki peran penting dalam mengatur pertumbuhan sel, mempertahankan kulit tetap terhidrasi dan meningkatkan produksi kolagen, serta elastisitas kulit.

Meningkatkan sirkulasi darah

Meningkatnya sirkulasi darah menyebabkan kulit menjadi sehat dan berenergi. Secara efektif, dapat mengurangi pembengkakan jaringan pada kulit, termasuk kelopak mata. Anda juga bisa membuat es batu dari kopi dan mengoleskannya pada area yang bengkak untuk mengempiskannya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya