Unggul Mana, Desainer Indonesia atau Turki?

Koleksi busana muslim yang akan dipamerkan di Turki
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Nama modest fashion kian menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan. Di Indonesia, tren modest fashion sudah mulai menjamur dan menghadirkan inovasi terbaru.

Ivan Gunawan Ungkap Kris Dayanti Jadi Role Modelnya Selama Ini

Akibatnya, banyak desainer Tanah Air mulai melirik bisnis modest wear alias busana santun atau muslim. Akan tetapi dibandingkan dengan negara Turki, Indonesia sedikit tertinggal.

Menurut Franka Soeria selaku Co-founder Think Fashion, karakter desainer dan bisnis fesyen antara Indonesia dan Turki sebenarnya sedikit berbeda. Desainer dan pengusaha fesyen Indonesia lebih mengutamakan branding ketimbang penjualan. Sedangkan desainer Turki lebih melihat penjualan tanpa peduli branding.

Ditegur KPI, Ivan Gunawan Ngaku Gak Punya Temen: Kemaren di Demo Semua Pada Diem

"Kalau saya lihat Indonesia melakukan branding sudah sedemikian rupa agar produknya mudah dikenal. Tapi untuk Turki, mereka enggak mementingkan brand melainkan penjualan sebanyak-banyaknya," ujar Franka kepada VIVA.co.id di kawasan Jakarta Pusat, Selasa, 19 September 2017.

Dia menuturkan, bahwa desainer atau pengusaha fesyen asal Turki jarang mengikuti pekan mode. Mereka lebih suka mem-branding sendiri tanpa mengikuti ajang apapun.

7 Sumber Kekayaan Ivan Gunawan yang Mundur dari Acara TV dan Pamit ke Luar Negeri

Apalagi jika penjualannya sukses, mereka akan membuka toko di luar negeri. Sementara desainer Indonesia, jarang yang berani mengambil risiko  membuka toko di luar negeri.

"Karakter desainer dan pebisnis Turki mereka lebih berani dan sering membuka toko di luar negeri jadinya branding sendiri. Mereka jarang ikut pekan mode tidak seperti orang Indonesia yang jarang mengambil risiko terlalu jauh," ucap  Franka.

Kendati demikian, keunggulan desainer dan pengusaha fesyen Indonesia adalah lebih memikirkan inovasi dan daya tarik tersendiri. Tidak seperti Turki yang masih berkutat dengan produksi barang yang selalu diulang sehingga terlihat monoton. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya