Kostum Kuda Lumping Miss Grand Malaysia Tuai Kontroversi

Miss Grand Malaysia 2017, Sanjeda John
Sumber :
  • Facebook Miss Grand International

VIVA.co.id – Ajang Miss Grand International, membuat geger dunia maya. Sebab, Miss Grand Malaysia 2017, Sanjeda John memakai kostum dengan tema Kuda Warisan sebagai kostum nasional Malaysia, yang mirip dengan Kuda Lumping asal Indonesia.

Cerita Pengalaman Istri Ganjar Pertama Kali Ikut Tari Kuda Lumping

Kostum dengan tema Kuda Warisan itu menuai kontroversi, lantaran mirip dengan Kuda Lumping, yang merupakan kebudayaan dari Jawa.

Menanggapi kontroversi ini, Sanjeda dalam akun resmi Miss Grand International mengklarifikasi bahwa kostum itu memang terinspirasi masyarakat Jawa yang tinggal di bagian utara Johor.

Alasan Sirkuit Formula E Jakarta Berbentuk Kuda Lumping

"Pada awal abad 20, migrasi masyarakat Jawa, melalui kapal-kapal perdagangan Belanda dan Jepang, mencari lahan baru membawa budaya, termasuk pertunjukan tari yang unik ini dalam beberapa acara," tulisnya.

Pada 1971, Kementerian Pariwisata Johor mengakui tari Kuda Kepang bagi masyarakat Jawa yang tinggal di Johor, sebagai tanda simbolis kesatuan dan keberagaman budaya bagi masyarakat Johor. Dengan kemiripan sejarah yang kuat, warisan budaya Jawa itu, menurut dia, tersebar di seluruh negara bagian utara Johor, Perak, dan Selangor di Malaysia, serta Singapura.

Perlakuan Teuku Ryan ke Ria Ricis, Juara Miss Grand International 2021

Kendati demikian, warganet mengecam kostum rancangan Hana Yaakob tersebut. "Kenapa Malaysia tidak menggunakan kebudayaannya. Hentikan mengklaim dan menggunakan budaya Indonesia di acara internasional," kata salah satu warganet.

Siswa Australia Menikmati Tari Kuda Lumping

Siswa Australia Menikmati Tari Kuda Lumping, Legendaris Budaya Indonesia

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra mengatakan bahwa Tari Kuda Lumping telah menarik minat siswa Canberra Grammar School Australia pada budaya Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
7 November 2022