Emas Hitam Jadi Tren 2018, Begini Cara Merawatnya

Kalung emas hitam
Sumber :
  • Instagram USB Gold

VIVA.co.id – Menjaga dan merawat emas agar tetap berkilau ternyata susah-susah gampang. Anda perlu sedikit kejelian agar perhiasan bisa tetap tahan lama khususnya emas hitam.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Menurut Erwin Suganda, Creative Director UBS Gold, dalam merawat emas hitam tidak jauh berbeda dengan jenis emas lainnya. Cara termudah yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan sabun cuci piring.

Sabun cuci piring umumnya mengandung surfaktan yang merupakan bahan aktif untuk menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat melepaskan kotoran yang menempel. Selain itu, sabun cuci piring juga mengandung builder yang berfungsi meningkatkan efisiensi pencuci dari surfaktan.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

"Salah satu yang bisa diterapkan sendiri adalah sabun untuk mencuci piring karena mampu mengangkat kotoran yang menempel di setiap sisi," ujar Erwin kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Dia menuturkan bahwa ada metode lainnya yakni menggunakan pasta gigi yang memiliki zat abrasif ringan untuk melonggarkan akumulasi kotoran yang menempel pada perhiasan emas. Tidak heran setelah membersihkan dengan pasta gigi, emas hitam Anda bisa kembali kinclong seperti semula.

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri

Kendati demikian, dari perawatan tersebut, Anda juga tetap harus memperhatikan pemakaiannya. Sebisa mungkin hindari emas Anda dengan kosmetik, minyak atau cairan yang dapat memiliki kandungan kimia karena dapat membuat emas teroksidasi.

"Perawatan tersebut tentunya juga harus diselingi dari pemakaian yang tepat. Hindari emas dengan produk-produk kimia karena dapat membuat emas teroksidasi," ucap Erwin.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024