Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 17 Oktober 2017 | 17:53 WIB
  • Tips Mengetahui Ciri-ciri Kosmetik Kedaluwarsa

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Ayu Utami Paramitha
Tips Mengetahui Ciri-ciri Kosmetik Kedaluwarsa
Photo :
  • Pixabay/Schweiz
Kosmetik.

VIVA – Ketika membeli kosmetik, wanita seringkali hanya fokus pada kualitas, komposisi, juga warna yang ditawarkan. Apalagi belakangan banyak jasa penjual kosmetik preeloved secara online. 

Namun, jarang yang memerhatikan tanggal kedaluwarsa dari kosmetik yang akan dibelinya. Padahal, tanggal kedaluwarsa sangat penting diketahui karena kosmetik kedaluwarsa berdampak buruk bagi kulit.

Hartina Permata Sari Dipl.CIDESCO beauty consultant dari klinik Khang Lekiu, mengungkapkan pentingnya memastikan tanggal kedaluwarsa produk kosmetik yang akan dibeli.

"Anda dapat menuliskan kembali label tanggal kedaluwarsa pada bagian atas produk, jadi setiap kali menggunakan produk tersebut, Anda dapat mengingat kapan produk tersebut tidak boleh digunakan kembali," ujarnya saat ditemui di peluncuran produk terbaru klinik Khang Lekiu di Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2017.

Cara lain yang paling mudah untuk mendeteksi apakah produk kosmetik kedaluwarsa atau tidak adalah dengan melihat perubahan warna dan bau yang ditimbulkan.

"Jika warnanya sudah berubah menjadi lebih kecokelatan, atau menjadi pucat, sebaiknya tidak usah dibeli atau digunakan lagi. Lalu jika wanginya sudah 'aneh' dan tekstur berubah itu sudah kedaluwarsa," ucapnya. 

Selain itu ia juga menyarankan untuk melihat tanda di balik kemasan. Biasanya pada belakang kemasan terletak gambar seperti botol terbuka dengan angka 6 atau 24. 

Angka tersebut menunjukkan bahwa produk tersebut dapat bertahan selama 6 bulan atau 24 bulan setelah kemasan dibuka.