Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 11:09 WIB
  • Prosesi Bleketepe, Keluarga Kahiyang Berbusana Oranye

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati
Prosesi Bleketepe, Keluarga Kahiyang Berbusana Oranye
Photo :
  • Facebook Presiden Joko Widodo
Keluarga Jokowi memasang bleketepe

VIVA – Rangakaian prosesi pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan kekasihnya, Bobby Nasution tengah berlangsung. Hari ini, digelar prosesi bleketepe, siraman dan sadeyan dawet di kediaman Jokowi, Jalan Kutai Utara Sumber, Banjar Sari, Surakarta, Jawa Tengah.

Pada prosesi bleketepe atau anyaman daun muda pohon kelapa alias janur, keluarga presiden berbusana Jawa dengan warna oranye cerah. Presiden Joko Widodo dan dua putranya, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep serta cucunya, Jan Ethes Srinarendra mengenakan beskap warna oranye dipadu dengan jarik dan blangkon cokelat serta selop warna hitam.

Namun jika jarik dan blangkon yang dikenakan Jokowi berwarna cokelat bermotif, jarik yang dikenakan putranya memiliki motif sedikit berbeda, dan lebih anak muda. Sementara istri Jokowi, Iriana dan menantunya Selvi Ananda tampil cantik dan anggun dalam balutan kebaya model kutu baru warna oranye dipasangkan dengan jarik cokelat.  

Baca juga:

Makna Rangkaian Prosesi Pernikahan Putri Jokowi

Pernikahan Merakyat Putri Solo dan Pemuda Batak

Keduanya ayu dengan rambut disanggul model klasik. Untuk alas kaki, jika Iriana mengenakan selop warna emas, Selvi memakai selop warna gelap. Adapun, bleketepe dipasang sendiri oleh Jokowi didamping keluarganya.

Bleketepe memiliki makna orangtua mengajak mempelai menyucikan diri dari kotoran yang melekat pada jiwa raga. Pemasangan bleketepe diikuti dengan pemasangan tuwuhan dengan pohon pisang raja yang sudah masak. Diharapkan, pengantin kelak mendapat kemuliaan.

Setelah prosesi bleketepe, dilanjutkan dengan prosesi siraman mempelai putri. Kemudian, prosesi hantaran dan widodareni di kediaman Jokowi, malam nanti.