Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 13:55 WIB
  • Gaya Busana Pengantin Anak Presiden RI dari Masa ke Masa

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Linda Hasibuan
Gaya Busana Pengantin Anak Presiden RI dari Masa ke Masa
Photo :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya
Akad Nikah Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda

VIVA – Hari pernikahan merupakan sebuah momen yang paling ditunggu oleh setiap pasangan. Sebab, hari tersebut akan menjadi awal menjalani hidup berkeluarga bersama keluarga.

Berbicara pernikahan, ada berbagai hal yang dipersiapkan. Salah satu yang penting adalah busana pengantin.  

Busana pengantin kerap menjadi sorotan, apalagi busana pengantin anak presiden. Seperti yang terjadi dalam pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, yang akan digelar Rabu, 8 November 2017.

Putri mantan Wali Kota Solo itu akan mengenakan busana Putri Solo pada prosesi akad. Sementara pada resespsi malam harinya akan mengenakan busana basahan atau dodot. Busana pengantin Kahiyang dirancang oleh Tuty Adib, yang merupakan langganan keluarga Jokowi.

Selain Kahiyang dan Bobby, berikut ini beberapa gaya busana pengantin anak Presiden RI, seperti dirangkum VIVA.

Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda

Anak sulung Jokowi ini telah melangsungkan pernikahan dengan Selvi Ananda di Gedung Graha Saba Buana, Surakarta pada Juni 2015 silam. Saat menikah, Gibran memilih konsep adat Jawa untuk busananya. Ketika akad, Gibran mengenakan beskap putih dan blangkon cokelat, sedangkan selvi mengenakan kebaya putih. Sementara saat resepsi, Gibran memakai beskap lunglunan warna hitam dengan bordir emas. Sedangkan sang istri mengenakan kebaya hitam bermotif untu walang dihiasi emas dengan ekor panjang. Busana tersebut dirancang oleh Hanif Aisyah Nanjaya.

 

Edhie Baskoro Yudhoyono dan Aliya Rajasa

Pernikahan putra bungsu Susilo Bambang Yudhoyono bersama Siti Ruby Aliya Rajasa digelar pada November 2011. Acara akad nikah digelar di Istana Cipanas, Bogor, sedangkan resepsi di Jakarta Convention Center.

Saat akad, mereka mengenakan busana adat Palembang berwarna merah yang merupakan asal Aliya. Sedangkan saat resepsi, menggunakan busana adat Yogya sesuai asal Ibas. Ibas mengenakan beskap, kain batik dan blangkon berwarna merah. Sementara Aliya mengenakan kebaya Jawa yang menjuntai dan berwarna senada.

Yenny Wahid dan Dhorir Farisi

Putri almarhum Gus Dur, Zannuba Arifah Chafsoh Rahman Wahid atau Yenny Wahid dengan Dhorir Farisi digelar pada Oktober 2009 di Gedung Sampoerna Strategic Square, Jakarta Selatan. Saat itu, Yenny mengenakan kebaya warna putih panjang dengan kain, sedangkan suaminya mengenakan jas hitam dan dasi merah yang dipadukan dengan sarung.

Agus Yudhoyono dan Annisa Pohan

Anak sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono, menikahi Annisa Larasati Pohan pada Juli 2005. Pernikahan yang berlangsung di Istana Bogor ini berlangsung begitu sakral dan menggunakan tradisi secara militer dengan menghadirkan upacara Pedang Pora.

Saat itu, Agus mengenakan beskap putih dengan bordir emas dan blangkon. Sedangkan Anissa mengenakan kebaya panjang berwarna putih bertabur kristal dengan bergaya Yogyakarta Paes Ageng polesan perias Tienuk. Kebaya cantik itu dirancang desainer Adjie Notonegoro.

 

10 tahun yang lalu...

A post shared by Agus Yudhoyono (@agusyudhoyono) on

Tommy Soeharto dan Tata

Anak kelima almarhum mantan Presiden Soeharto yakni Tommy Soeharto tumbuh dan besar dalam lingkungan orang nomor satu Indonesia. Pada 30 April 1997, Tommy menikah dengan Ardhia Pramesti Regita Cahyani Soerjosoebandoro atau Tata.

Busana pernikahan tersebut syarat akan nuansa Jawa klasik, di mana Tommy dan pasangan mengenakan busana basahan atau biasa disebut dengan dodot. Selain kain dodot, Tata mengenakan perlengkapan lain, seperti selendang cinde, sekar abrit, jarik dan buntal yang dibuat dari serangkaian bunga dan dedaunan pandan.