Tips Mencuci Kain Batik Tulis Agar Warna Tahan Lama

Kain Batik
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Kain batik memang memiliki nilai seni tersendiri, terutama pada kain batik tradisional yaitu batik tulis. Namun untuk menjaganya agar tidak luntur dan mampu bertahan lama, dibutuhkan cara mencuci dan merawat kain batik dengan benar.

Keindahan dan Makna Filosofis Batik, Warisan Budaya Indonesia yang Tak Ternilai

Beberapa orang melakukan kesalahan dengan menyamakan mencuci kain batik, dengan pakaian yang lainnya. Padahal kain batik memiliki caranya sendiri, menurut Pincky Sudarman CEO PT Alun Alun Indonesia Kreasi, beberapa yang perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan mesin cuci. 

"Ketika mencuci kain batik, sebaiknya menggunakan tangan dan jangan menggunakan sabun cuci pakaian karena sifatnya keras, dapat membuat warna kain menjadi luntur. Jadi sebaiknya menggunakan sampo bayi, dan yang terpenting jangan diperas," ucapnya ditemui VIVA di Jakarta.

Gak Nyangka, Batik Tulis Cantik Ini Karya Siswa-Siswi Indonesia

Pincky menjelaskan cukup dibentangkan saja ketika menjemur, hindari memeras kain agar ketika kering tidak kusut dan terlipat kaku. Selain itu yang harus diperhatikan adalah sebelum menjemur, pastikan sabun yang menempel hilang saat membilas. 

"Ketika menjemur juga sebaiknya, jangan terkena sinar matahari langsung karena akan membuat warna, dan malam pada kain batik menjadi luntur. Sebaiknya cukup dianginkan saja hingga kering dan ketika menyetrika sebaiknya dilapisi dengan kain yang lain terlebih dahulu, agar menjaga malam yang ada di kain batik tersebut," ucapnya. 

Orang Indonesia Harus Tahu Perbedaan Kain Batik dan Tenun
Ilustrasi Membatik

Jenis-jenis Batik Indonesia dari Cara Pembuatannya, Dari Tulis hingga Cap

Batik tulis merupakan jenis batik yang motifnya diciptakan secara manual melalui proses yang memakan waktu. Prosesnya melibatkan penggunaan canting (alat yang mirip pipet

img_title
VIVA.co.id
2 Oktober 2023