Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 13 November 2017 | 16:24 WIB
  • Desainer Muda Tunarungu Wakili Indonesia di Ajang Bergengsi

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Linda Hasibuan
Desainer Muda Tunarungu Wakili Indonesia di Ajang Bergengsi
Photo :
  • Istimewa
Rafi Ridwan di Mercedes-Benz El Paso Fashion Week 2017

VIVA – Menjadi tunarungu sejak lahir bukanlah hambatan bagi seorang Rafi Ridwan untuk menghasilkan karya berkualitas. Perancang busana berusia 15 tahun ini untuk kali kedua mendapat kesempatan menampilkan karya-karyanya di Mercedes-Benz El Paso Fashion Week 2017 di kota El Paso, Texas, Amerika Serikat pada 20-21 Oktober 2017 lalu.

Mercedes Benz El Paso Fashion Week 2017 merupakan ajang peragaan busana internasional yang menghadirkan desainer dan atau brand kenamaan dari berbagai daerah di Amerika Serikat. Bahkan luar Amerika, seperti desainer dan brand asal Mexico dan Indonesia pun turut serta.

Keikutsertaan Rafi dalam ajang tersebut merupakan undangan dari pihak Bazaar Model yang didasari oleh pemantauan bakat dan seleksi tertutup dari pihak penyelenggara, tanpa jalur pendaftaran atau seleksi. Rafi menjadi satu-satunya perancang busana yang mewakili Indonesia sekaligus desainer termuda di ajang bergengsi tersebut.

Rafi yang didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan perusahaan jasa pengiriman Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menghadirkan koleksi tenun-tenun Indonesia bagian Timur. Bertajuk +ALTER by Rafi Ridwan, merupakan koleksi pertama Rafi yang bernuansa monokrom.

“Rafi Ridwan merupakan remaja yang memiliki anugerah di bidang fesyen di balik kebutuhan khusus yang dimilikinya. Bekraf turut bangga dengan prestasi yang ditorehkan olehnya apalagi menghadirkan wastra Indonesia  seperti tenun di kancah internasional," ujar Triawan Munaf dalam rilis yang diterima VIVA, Senin, 13 November 2017.

Rafi unjuk gigi dengan koleksi rancangan eksklusifnya yang dibuat dari bahan dasar kain tenun asal Desa Bena, Flores, Nusa Tenggara Timur dan Papua. Sedikitnya ada 20 koleksi bergaya feminin yang syarat akan filosofi bangsa Indonesia.

Koleksi tersebut pun didominasi oleh warna hitam-putih dan abu-abu dengan potongan yang menggambarkan keseimbangan dalam hidup. Perbedaan warna yang begitu kontras dapat dipadu-padankan menjadi tampilan harmonisasi yang indah.

“Rafi Ridwan sukses menaklukkan panggung runway di Amerika Serikat dengan tenun-tenun Indonesia Timur warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia. Semoga ini semakin mengharumkan nama Indonesia baik dari bidang fesyen maupun kekayaan budaya,” ucap dia.