Bikin Melongo, Sebuah Kalung Berlian Dihargai Rp476 Miliar

Kalung berlian Art of the GRISOGONO, Creation 1.
Sumber :
  • REUTERS/Denis Balibouse

VIVA – Sebuah kalung zamrud dengan berlian putih terbesar, berhasil terjual di pasar lelang dengan harga fantastis, yakni Rp476 miliar.  

Unik Banget, Istri Denny Sumargo Ngidam Strawberry Rp100 Ribu hingga Berlian

Dilansir dari laman Reuters, Kamis 16 November 2017, kalung yang dikenal dengan nama Art of the GRISOGONO, Creation 1, memiliki berlian segi empat dengan berat 163,41 karat di bagian tengahnya. Batu yang ditemukan di Angola pada 2016 ini dibingkai di satu sisi oleh deretan berlian kecil.

Bentuk kalungnya sendiri yang diberi batu zamrud tidak melingkar seperti kalung biasa, melainkan agak meliuk seperti buah pir.

Jangan Terkecoh, Begini Cara Bedakan Berlian Asli dan Sintetis

Pembeli berlian ini melakukan penawaran melalui telepon dan meminta agar namanya tetap anonim. Berlian itu sendiri 40 persen lebih besar dari berlian berukuran oval berwarna putih seberat 118,28 karat yang dijual di Sotheby's pada 2013, di Hong Kong seharga Rp414 miliar.

Sementara itu, di urutan kedua adalah berlian merah muda yang dimiliki kerajaan Prancis selama dua abad. Dengan berat 19,07 karat, dengan harga Rp196 juta.

Berlian Laboratorium Tak Kalah dengan Hasil Alam, Intip Keunggulannya

Disebut Le Grand Mazarin, namanya diambil dari Kardinal Mazarin, mantan Menteri Utama Prancis pada 1642, yang hobi mengoleksi permata. Batu itu kemudian menjadi bagian dari permata mahkota Prancis.

Selama 250 tahun di Treasury Crown France, perhiasan itu pernah digunakan empat raja (Louis XIV, Louis XV, Louis XVI, dan Charles X), dua kaisar (Napoleon I dan Napoleon III) dan dua permaisuri. (asp)

ART di Malang ditangkap polisi Karena bobol brangkas milik majikan

Bobol Brankas Majikan, ART di Kota Malang Bawa Kabur Berlian dan Ratusan Juta Rupiah

ART asal Tasikmalaya itu juga menggondol perhiasan emas kalung, dan cincin. Pelaku sudah ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024