Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 23 November 2017 | 10:41 WIB
  • Kartu 'Sakti' ILUNI UI, Bisa Untuk Segala Transaksi

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Isra Berlian
Kartu 'Sakti' ILUNI UI, Bisa Untuk Segala Transaksi
Photo :
  • Facebook.com/ui.ac.id
Kampus Universitas Indonesia/Ilustrasi.

VIVA – Beberapa tahun belakangan ini, Pemerintah Indonesia tengah menggalakan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), atau yang juga dikenal dengan istilah cashless society. Salah satu manfaat yang diperoleh dari penggunaan transaksi non-tunai dinilai lebih menguntungkan dari sisi waktu, dibandingkan dengan transaksi tunai.

Untuk mendukung program pemerintah tersebut, Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) menggandeng PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk meluncurkan Kartu Iluni UI. Selain sebagai kartu identitas keanggotaan (KTA) Iluni UI, kartu ini pun dapat digunakan sebagai kartu Debit untuk bertransaksi, sekaligus sebagai uang elektronik (TapCash).

Dari informasi yang dibagikan melalui unggahan akun Instagram Iluni UI dan situs resmi BNI, beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh pemegang kartu ini antara lain diskon 20 persen untuk setiap pembelian tiket penerbangan dari Citilink. Alumni pun bisa mendatangi lokasi penjualan tiket Citilink yang telah ditunjuk. Tak hanya itu, ada pula diskon 25 persen untuk pembelian tiket Garuda Indonesia.

Kartu ini pun memberikan berbagai diskon, free gift maupun cashback di berbagai merchant perbelanjaan, F&B, hingga fashion seperti Lottemart, Hypermart, Superindo, Indomaret, Tip Top, Hari Hari, Matahari Department Store, Star, Lawsons, Naga Swalayan.

Mc Donald's, Cold Stone, CFC, Bakmi GM, Toridoll Yokitori, The Jungle, CGV Cinema, Shop ans Drive, Thamrin City, Snowbay, hingga e-parking Reksa.

Kartu Iluni UI yang berfungsi sebagai TapCash bisa juga digunakan di Tol, Commuter Line, hingga Parkir Elektronik di Jakarta.

Untuk mendapatkan Kartu ini, para Alumni UI d iluar lulusan tahun 2017 bisa membuat kartu ini dengan mendatangi kantor cabang BNI terdekat dengan membawa foto copy ijazah D3, S1, S2 atau S3 atau Kartu Tanda Mahasiswa UI atau Surat Rekomendasi dari pengurus Iluni UI untuk penerbitan kartu Iluni UI. Bagi yang telah memiliki kartu BNI bisa mendatangi kantor cabang BNI terdekat untuk melakukan proses pembukaan atau konversi rekening dan order kartu alumni.

Sedangkan untuk alumni tahun wisuda 2017 dan selanjutnya, akan diawali dengan pengiriman data alumni oleh Pengurus Iluni UI untuk dibukakan rekening BNI di BNI Cabang UI Depok. Selanjutnya, Alumni datang ke BNI Cabang UI Depok atau Salemba untuk melakukan setoran awal, aktivasi kartu, dan fasilitas e-Banking-nya, dengan membawa bukti identitas diri dan bukti sebagai anggota Iluni UI yaitu kartu alumni, ijazah, atau Surat Rekomendasi dari Iluni UI.