Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 24 November 2017 | 10:32 WIB
  • Kahiyang Ayu Bakal Tampil Bak Putri Raja di Pesta Adat

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Putri Firdaus
Kahiyang Ayu Bakal Tampil Bak Putri Raja di Pesta Adat
Photo :
  • Putra Nasution/MEdan
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

VIVA – Banyak hal menarik dalam prosesi pernikahan adat putri semata wayang Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Medan. Salah satunya adalah manortor.

Manortor ini dilakukan kali pertama oleh para tetua adat, raja-raja hingga akhirnya dilakukan oleh muda-mudi malam nanti. Manortor dilakukan untuk menyambut dua pasangan ini, di mana Kahiyang Ayu dan Bobby akan datang mengenakan pakaian adat lengkap.

"Pakaian mereka lengkap adat Mandailing karena pesta adatnya besar. Kalau wanita pakai Bulang, laki-laki pakai Ampu," kata tokoh masyarakat Mandailing, Hotman Syukur Nasution di tvOne, Jumat, 24 November 2017.

Bulang adalah pakaian adat untuk pernikahan suku Mandailing. Bulang berupa mahkota berwarna emas yang nantinya dikenakan Kahiyang Ayu. Ampu adalah mahkota yang dipakai raja-raja Mandailing zaman dahulu.

Dikutip dari berbagai sumber, bulang menjadi lambang kebesaran, kemuliaan dan simbol status sosial seseorang. Bulang terdiri dari tiga tiga macam, jika bertingkat tiga disebut bulang barbo atau kepala kerbau yang bakal dikenakan Kahiyang, bertingkat dua disebut bulang bambeng atau kepala kambing dan tidak bertingkat.

Dahulunya, bulang dibuat dari emas murni. Namun seiring perkembangan zaman, bulang banyak dibuat dari logam kuningan dengan sepuhan emas. Sementara untuk aksesori busana pengantin wanita Mandailing, biasanya terdiri dari dua lembar selendang yang disilangkan di bagian dada, dengan warna sesuai dengan kain bagian bawah. Selendang biasanya terbuat dari songket atau tenun dengan motif khas Tapanuli Selatan.

Sementara untuk pengantin pria akan menggunakan penutup kepala yang terbuat dari bahan beludru hitam dengan ornamen emas yang disebut ampu. Ampu dahulunya dikenakan oleh raja-raja Mandailing dan warna pada ampu memiliki makna tertentu. Misalnya hitam berhubungan dengan fungsi magis, sedangkan warna emas melambangkan kebesaran dan keagungan pemakaianya.

Untuk pakaian pengantin pria, biasanya menggunakan baju godang atau baju kebesaran berbentuk jas warna hitam dari bahan beludru. Namun kini warnanya lebih variatif dan disesuaikan dengan selera pengantin, seperti merah, hijau.

Sebelumnya make-up artist yang akan mendandani pesta adat dan resepsi Kahiyang dan Bobby, Barry Irawan mengatakan bahwa Kahiyang akan mengenakan busana berwarna cerah yang  didominasi warna merah, oranye dan kuning lemon. Karena itu, riasannya akan disesuaikan dengan busana tersebut. (ren)