Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 28 November 2017 | 10:18 WIB
  • Gaun Aneh dari Rangkaian Kartu Telepon Bekas, Bisa Dipakai

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Linda Hasibuan
Gaun Aneh dari Rangkaian Kartu Telepon Bekas, Bisa Dipakai
Photo :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan
Gaun karya Tiarma Sirait

VIVA – Desainer fashion art sekaligus contemporary artist,  Tiarma Sirait terkenal dengan karya-karyanya yang tak biasa. Ide-idenya yang nyeleneh dan out of the box membuat karyanya mudah dikenali dan membawa dirinya menjadi salah satu seniman Indonesia yang sering mengadakan pameran baik di dalam maupun luar negeri.

Terbukti, desainer yang terkenal dengan sentuhan feminin sekaligus profokatif ini menampilkan koleksi anyarnya di ajang pameran ArtFashion. Dua gaun yang ditampilkan tersebut terinspirasi oleh desainer 60-an Paco Rabanna yang inovatif.

Dalam karyanya, Tiarma mengambil material yang sepenuhnya dari kartu telepon bekas. Dengan apik dia menyusun dan merangkai kartu-kartu tak terpakai tersebut dalam waktu satu bulan dan menjadi busana luar biasa.

“Saya buat baju ini selama satu bulan. Bahannya telephone card yang zaman dahulu untuk membeli pulsa terus digosok-gosok. Saya kumpulin dan terpikirkan itu membuat busana ini,” ujar Tierma kepada VIVA, belum lama ini.

Dia menuturkan bahwa busana tersebut memiliki kekuatan untuk memproyeksikan penampilan kertas manipulatif. Kartu telepon yang dirangkai itu pun ditutupi kembali dengan kertas refleksi atau fancy paper.

Terlihat jelas busana tersebut seperti dipadati lempengan logam. Sehingga, tampilan kostumnya terlihat seperti kostum metal yang terlihat aneh, ilusif, dan absurd namun tetap bisa dipakai.

“Sebenarnya koleksi saya ini ditutupi dengan kertas refleksi atau fancy paper tapi terlihat seperti logam terutama dengan tambahan cincin logam,” ucap dia.