Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 12 Agustus 2017 | 10:56 WIB
  • Rumah Unik UFO Tak Berpenghuni

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Rumah Unik UFO Tak Berpenghuni
Photo :
Ransom Canyon Steel House

VIVA.co.id – Seseorang pada umumnya pasti akan membangun sebuah rumah selalu memperhatikan beberapa aspek, mulai dari lokasi, gaya rumah hingga struktur bangunan yang dapat melindungi, serta memberikan kenyamanan bagi setiap penghuninya.

Pada umumnya, orang-orang akan membuat rumah dengan gaya minimalis, megah, atau tipe klasik gaya Amerika. Namun, berbeda dengan rumah yang berada di pinggiran Texas (Amerika Serikat), dekat dengan lereng bukit yang berjarak 20 menit dari Lubbock. Di sini, kita dapat menemukan sebuah bangunan yang ternyata mirip dengan UFO yang ditopang dengan empat tiang.

Tempat tinggal dari rangkaian baja dengan struktur aneh ini, ternyata merupakan rumah tempat seorang pematung modern Robert Bruno, yang dijadikan sebagai tempat pembuatan karya-karyanya sejak tahun 1973 hingga 2008.

Dilansir dari laman Atlasobscura, Sabtu 12 Agustus 2017, rumah yang terletak di punggung bukit dan menghadap ke Danau Ransom Canyon ini terbuat dari 150 ton baja yang dihitamkan. Masing-masing dilas dengan tangan dan diciptakan tanpa bantuan dari luar.

Sedangkan interiornya terbuat dari kayu, menyerupai bagian dalam batang pohon, dan banyak jendela terbuat dari kaca patri yang indah.

Tapi setelah 35 tahun kerja keras, Bruno mahakaryanya ini tidak pernah selesai. Ada lubang menganga di antara tingkat rumah yang berbeda, dan rencana arsitek memasang akuarium, kolam, dan cetakan model telanjang yang terpampang di dinding tidak pernah disadari. Bagi Bruno, Steel House dipandang lebih sebagai hobinya daripada proyek yang perlu diselesaikan.

Tempat ini pun, kemudian menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hampir satu dekade setelah kematian Bruno, House Steel tetap dijaga oleh Charles Hobbs, salah satu tetangga Bruno, yang sekarang menjabat sebagai manajer dan pemandu wisata bangunan ini. Meski banyak yang mendesaknya untuk menyelesaikan rumah tersebut, tetap tidak mau mengubahnya dengan alasan untuk menghormati keinginan Bruno. (asp)