Tiga Cara Mudah Mengganti Wallpaper Tanpa Merusak Dinding

Ilustrasi wallpaper
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Mengganti kertas dinding atau wallpaper memang tidak mudah. Anda harus siap bergelut dengan perekat dinding yang super kuat, terlebih lagi Anda harus pelan-pelan melepasnya agar permukaan tembok tak mudah rontok.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Padahal ada trik khusus mengganti kertas dinding. Ahli pemasangan kertas dinding dari 78 and Sunny Wallpapering yang berbasis di New York, George Kovacs mengatakan, jika memahami cara yang baik dan benar, justru proses pengupasan kertas dinding sangatlah sederhana.

"Jika gantungan kertas menggunakan primer yang tepat, wallpaper harus tampil dengan sangat mudah," kata George seperti dilansir Elle Decor.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Basahi kertas dinding dengan air hangat

Umumnya, Anda bisa memulai prosesnya dengan mencoba melepaskan kertas dinding dengan tangan tanpa air. "Menggunakan pisau Anda biasanya mencari tepian dan menyobeknya perlahan," kata George.

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Namun cara itu justru tak membuahkan hasil maksimal. Sehingga, George menyarankan untuk menggunakan air hangat. Air dapat membuat kekuatan lem dinding berkurang sehingga memudahkan Anda untuk melepaskan kertas dinding tanpa merusak tembok.

Kupas atau cabut kertas dinding

Setelah membiarkan air meresap selama beberapa menit, Anda bisa mulai mengikis atau mengupas kertas. Gunakan pisau khusus, kupas kertas secara perlahan baik kiri, kanan atau ke atas dan ke bawah, tergantung mana lebih mudah. 

Saat mengupas, usahakan sangat hati-hati dan jangan menggores dinding di bawahnya. Jika tergores, bisa menimbulkan masalah nantinya. Perhatikan juga, jika Anda menemukan lapisan kertas dinding lainnya, selesaikan lapisan pertama dan kemudian beralih ke yang kedua. Karena, Anda hanya bisa melepaskan satu lapisan sekaligus tanpa menyebabkan kerusakan.

Jika Anda masih mengalami masalah, mungkin Anda perlu menyemprotkan kembali air hangat.

Bersihkan dinding

Setelah semua kertas hilang, saatnya mencuci atau bersihkan dinding sehingga Anda bisa menghilangkan sisa-sisa lem. Disarankan, gunakan spons yang dibasahi dengan air.

"Tidak masalah seberapa bagus Anda melepas kertas itu, jika Anda tidak mencuci sisa lem, Anda akan mengalami masalah saat mencoba memasang ulang kertas dinding yang baru," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya