Tips Seru Desain Rumah dengan Kesan Dramatis

Ilustrasi kamar tidur/interior rumah.
Sumber :
  • Pixabay/GregoryButler

VIVA.co.id – Desain ruangan di rumah terkadang juga perlu diganti agar tidak terasa membosankan. Perlu ada aksen berbeda untuk membuatnya menonjol. Nah, salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan kesan dramatis.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Ada beberapa tips yang akan membantu Anda, salah satunya adalah membuat ruangan menjadi cerah dan lebih berwarna. Berikut ini tips lengkapnya, seperti dilansir dari laman Times of India, Senin 28 Agustus 2017.

Pilih cat warna terang

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Baiknya, pilih cat warna natural seperti putih untuk langit-langit. Kemudian, pilih warna lebih cerah seperti kuning, merah atau biru pada dinding. Ini akan memberikan kesan ruang tampak cerah dan segar.

"Jika Anda benar-benar ingin mencerahkan ruangan yang gelap, pastikan plafon dicat dengan warna putih paling terang yang bisa Anda temukan," kata seorang desainer interior, Monica Chawla.

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Hiasi dengan lampu ruang

Penata interior, Rubina Dhankar Qadir Din mengatakan, cara termudah untuk memberikan sedikit cahaya pada ruangan adalah dengan menempatkan lampu di tempat-tempat strategis. Pilih lampu gantung atau lampu yang diletakkan pada meja kecil di sudut-sudut ruang.

Bisa juga dengan menempatkan lampu tegak lurus dengan penempatan cermin.

Letakkan cermin

"Jika ruangan itu memiliki jendela, maka letakkan beberapa cermin di seberangnya untuk memantulkan cahaya alami sebanyak mungkin," kata ahli interior, Preeti Knowless.

Namun, jika ruangan tersebut tidak memiliki jendela, tak usah khawatir. Menurutnya,penggunaan cermin juga akan mencerahkan ruangan secara otomatis.

Pasang lantai warna alami atau netral

"Jika Anda ingin membawa perubahan di lantai Anda, ingatlah anggarannya. Jika anggaran memungkinkan, pilihlah lantai kayu keras, seperti kayu ek. Alih-alih mengganti lantai, Anda juga bisa menonjolkannya dengan permadani warna netral untuk meringankan ruang," kata ahli interior, Leila Erfan.

Minimalisir perabot

"Di ruangan gelap, yang terbaik adalah menempelkan potongan mebel yang ramping dan ringan, yang tidak memiliki banyak hiasan," ucap Leila menambahkan.

Disarankan untuk memiliki warna cerah dan struktur kayu yang ringan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya