Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 15:18 WIB
  • Mitos dan Fakta Tata Ruang Rumah Menurut Fengshui

  • Oleh
    • Daurina Lestari
Mitos dan Fakta Tata Ruang Rumah Menurut Fengshui
Photo :
Ruang tamu warna merah

VIVA.co.id – Mungkin Anda telah banyak membaca dan menerima saran tentang bagaimana penempatan furnitur yang baik di rumah Anda menurut fengshui. Ada banyak mitos mengenai bagaimana cara meletakkan funitur yang baik dan benar menurut prinsip fengshui.

Grand Master Vicenth Koh, pemilik the Singapore Feng Shui Center, menjawab beberapa  pertanyaan tentang kebenaran mitos dan fakta dalam tata ruang di dalam prinsip fengshui.

Berikut, beberapa penjelasan penerima penghargaan sebagai "Grand Master" dari International Feng Shui Association di 2009 ini, seperti dilansir dari Singapore Home and Decor, Selasa 12 September 2017.

1. Apabila jendela diletakkan berseberangan dengan pintu masuk, akan membuat semua energi keluar melalui jendela. Benar atau salah?

Salah. Jika kita berpikir dengan logika, sebuah hunian tidak mungkin tidak memiliki sama sekali jendela di rumahnya untuk menyimpan seluruh energi positif di huniannya. Energi positif tidak hanya bergerak lurus seperti cahaya, ia mengalami pasang surut seperti udara, atau air. Yang Anda butuhkan adalah mengatur beberapa fitur untuk menyalurkan seluruh energi ke seluruh arena di rumah Anda.

2. Kompor dengan keran harus berjarak sejauh mungkin, agar tidak terjadi konflik antara air dan api. Benar atau salah?

Salah. Banyak orang percaya mengenai hal ini, karena menurut prinsip fengshui air dan api dianggap tidak sesuai. Tetapi, air dapat memadamkan api dengan mudah.

Lagipula, tanpa adanya api, bagaimana Anda dapat membuat air panas? Jadi, ada logika di balik prinsip tersebut. Seperti keran diletakkan di samping kompor untuk membuat memasak terasa lebih nyaman.

3. Warna merah menandakan kesuksesan. Jadi, rumah harus dipenuhi dengan banyak warna merah. Benar atau salah?

Salah. Hubungan warna merah dengan kesuksesan itu adalah budaya, bukan prinsip fengshui. Warna yang sesuai dengan hunian Anda dapat ditentukan dari beberapa faktor seperti bulan lahir.

Lebih baik melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pakar fengshui sebelum menentukan warna hunian Anda. Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih warna kamar, karena Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kamar tidur Anda. Jadi, penting untuk memiliki energi positif di kamar tidur Anda.

4. Bagaimana apabila kita baru menempati hunian baru, hal pertama yang dilakukan adalah membuka semua pintu dan jendela?

Benar. Karena, apabila suatu hunian baru selesai direnovasi, biasanya pintu dan jendela akan di biarkan tertutup selama seminggu, atau lebih. Hal yang sangat penting membuka semua pintu dan jendela, agar ventilasi udara berjalan dengan baik kembali.

5. Pintu kamar mandi harus selalu tertutup, agar rezeki yang dimiliki tidak hilang saat menggunakan kamar mandi. Benar atau salah?

Tergantung akan kebiasaan Anda di rumah. membilas toilet dapat membantu menghilangkan energi negatif yang ada di dalam rumah. Hal tersebut, menyangkut dengan etika di dalam rumah. Akan tetapi lebih baik, pintu kamar mandi selalu ditutup, agar energi negatif tidak menyebar ke seluruh rumah.

Laporan: Ayu Utami Paramitha