Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 14 September 2017 | 18:37 WIB
  • Tips Mendekorasi Rumah Bergaya Shabby Chic

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Ayu Utami Paramitha
Tips Mendekorasi Rumah Bergaya Shabby Chic
Photo :
  • Instagram/@Shabbychic&beautydesign
Desain teras bergaya shabby chic

VIVA.co.id – Saat ini gaya interior rumah, Shabby Chic, menjadi tren di kalangan milenial. Perpaduan antara gaya vintage dan warna pastel, memberikan kesan yang sangat elegan pada hunian.

Founder dari E&T homes, Ertika Priskila, berbagi tips bagaimana mengaplikasikan gaya interior hunian Shabby Chic ke dalam rumah Anda.

Ia menjelaskan, gaya Shabby Chic pertama kali muncul pada 1980 di Inggris. Tren dengan sentuhan yang lembut dan feminim ini yang menjadikan  Shabby Chic berbeda. Gunakan warna-warna pastel, seperti begie, rose pink,  dan biru muda sebagai aksennya.

"Anda dapat menggunakan funitur dan aksesoris bergaya Victorian, dengan finishing vintage. Aksesoris seperti bantal, taplak meja, gorden dengan kain French linen atau cotton bermotif bunga vintage," ujarnya di Jakarta, baru-baru ini.

Dilanjutkannya, Anda dapat berekspresi dengan memadu padankan maksimal 3-4 motif di dalam gaya shabby chic, gunakan kaca dengan frame classic untuk memperluas ruangan, serta lighting untuk menambah kesan romantis dan elegan, serta tambahkan lampu vintage dapat menjadi pelengkap desain Anda. Pilih lampu gantung yang menambah keanggunan, dan menyatukan keseluruhan konsep shabby chic Anda.

Di pun menjelaskan di era modern ini banyak gaya-gaya yang dipadupadankan, sebagai penambah kesan segar dan modern. Tidak masalah memberi sedikit sentuhan modern, yang terpenting Anda harus mengetahui ciri khas dari gaya shabby chic sehingga tidak menghilangkan keunikan gaya tersebut.

Warna yang digunakan seperti colour palette yang lebih netral, seperti white on white, grey atau bahkan dengan aksen hitam. Anda dapat memilih motif yang lebih maskulin seperti motif kotak-kotak atau geometris. Ini akan membantu Anda menciptakan gaya modern shabby chic yang tidak terlalu feminin, namun tetap elegan.

Lalu bagaimana dengan biaya, berapa dana yang dibutuhkan?

"Bujet yang dikeluarkan untuk pengaplikasian tren shabby chic tidak mahal Anda dapat memakai furnitur dan aksesoris lama Anda, dan diberi sentuhan "old look" dengan cara dicat ulang atau diampelas. Seperti meja dan kursi kayu, pintu atau jendela bekas, frame foto, bahkan sangkar burung dapat dijadikan elemen dekoratif," kata dia menjelaskan.

Dia menambahkan bahwa tren shabby chic dapat diaplikasikan di semua ruang, termasuk taman sekalipun. Dengan menggunakan furnitur yang berkesan vintage dan usang, serta menggunakan tanaman berwarna lembut. Mawar bisa menjadi salah satu tanaman pilihan di hunian Anda.