Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 15 September 2017 | 16:05 WIB
  • Tips Buat Hunian Jadi Nyaman dan Bersih

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Ayu Utami Paramitha
Tips Buat Hunian Jadi Nyaman dan Bersih
Photo :
  • nydailynews
Ruang tamu

VIVA.co.id – Faktor lingkungan merupakan salah satu faktor penentu kenyamanan di dalam hunian anda, salah satunya adalah faktor kebersihan udara. Faktor postif dari udara yang bersih Anda akan terhindar dari debu yang menempel di funitur Anda.

Lalu, bagaimana jika lingkungan di hunian Anda memiliki udara yang penuh debu dan polusi?

Mia Lundstrom, IKEA India kreatif director, percaya bahwa komponen yang terpenting adalah kenyamanan yang dia dapatkan ketika berada di rumah. Ia berbagi tips bagaimana menjadikan hunian terasa nyaman di lingkungan yang penuh paparan polusi, seperti dilansir Vogue.in, Jumat 15 September 2017.

1. Temukan sumber cahaya di rumah Anda

Anda harus mengetahui bagian mana saja di rumah Anda yang tidak terkena sinar matahari dengan baik, dengan adanya sumber pencahayaan yang baik, akan membantu indra penglihatan Anda dan keluarga. Untuk ruangan yang tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung, Anda dapat menggunakan lampu sebagai pengganti sinar dari mata hari.

2. Jangan menggunakan satu warna pada dinding

Anda dapat berkreasi dengan dinding hunian Anda, padukan dua warna yang berbeda. Anda dapat menggunakan wallpaper sebagai poin dari dinding hunian Anda. Bagi Anda yang memiliki buah hati, Anda dapat menggunakan cat dengan bahan matte, sehingga mudah untuk dibersihkan. Dengan melakukan mix n match dapat menjadi pembeda antara satu ruangan dengan ruangan yang lainnya.

3. Tentukan funitur dengan cermat

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu funitur Anda harus mengetahui dengan pasti ukuran rumah Anda. Cobalah untuk mengatur funitur per-ruangan, bayangkan terlebih dahulu tentang funitur yang ingin Anda gunakan apakah sesuai dengan kapasitas ruangan yang Anda miliki. Hal ini bertujuan untuk menghindari ruangan menjadi terkesan sempit.

4. Pilih teknologi yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Penggunaan teknologi memudahkan kehidupan Anda di rumah, seperti penggunaan lampu yang akan meredup secara otomatis jika sudah tidak digunakan.

5. Buat ruang kerja yang nyaman

Kenyamanan lagi-lagi merupakan kunci penting di dalam sebuah ruangan. Anda dapat menciptakannya dengan menggunakan funitur-funitur yang nyaman dan fungsional.

Gunakan warna pallet yang bersifat dingin, atur dengan sumber pencahayaan pada ruang bekerja dan belajar, agar sinar matahari dapat masuk dengan mudah. Jika sinar matahari tidak dapat masuk dengan maksimal, Anda dapat menggunakan lampu sebagai penerangan.

Anda juga bisa menambahkan tanaman hias. Selain sebagai penghias di hunian, tanaman hias dapat menyaring udara kotor dengan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen yang baik untuk kesehatan Anda. (asp)