5 Cara Mudah Membuat Ruangan Tampak Seperti Baru

Ilustrasi ruang tamu.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA.co.id – Waktu berlalu dengan sangat cepat, dan banyak sekali model dan tren dekorasi yang berubah-ubah. Jika Anda merasa bosan dengan dekorasi rumah Anda, salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan tersebut adalah dengan berbelanja dan membeli furnitur baru.

3 Tips Jaga Udara dalam Ruangan agar Selalu Segar

Namun bagaimana jika menginginkan suasana baru pada ruangan namun hanya memiliki bujet terbatas? Anda tidak perlu ragu lagi karena Anda dapat mengikuti tips ini untuk membuat rumah Anda terasa seperti baru kembali, seperti yang dilansir dari Forbes, Rabu 4 Oktober 2017.

1. Rawat dengan baik furnitur Anda

Lakukan 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini, Kurangi Risiko Demensia

Pastikan untuk merawat kursi, meja, karpet, dan seluruh furnitur yang ada di dalam rumah Anda. Menjaganya agar selalu bersih dapat membuat furnitur Anda terlihat seperti baru. Jika tertinggal noda pada furnitur, Anda dapat menghilangkannya dengan pembersih noda atau dengan produk pembersih lainnya.

2. Hapus bekas noda yang tertinggal pada dinding

Wabah Corona, Ini 5 langkah Mendisinfeksi Rumah agar Bebas Virus

Hal-hal kecil seperti noda bekas sepatu, atau noda goresan kecil dapat membuat dinding Anda terlihat kusam. Luangkanlah waktu untuk membersihkan noda tersebut, dan Anda akan melihat perbedaan besar pada dinding Anda.

3. Membuat furnitur Anda tampak mengkilat

Jika sebelumnya Anda lupa, bahkan tidak mempunyai waktu intuk memoles furnitur kayu Anda. Maka lakukanlah hal tersebut akan membuat suatu perubahan besar pada furnitur Anda. Cukup memolesnya secara teratur dengan wax akan membuat semua debu hilang.

Anda dapat melakukan hal serupa dengan lantai kayu Anda. Jika menggunakan lantai kayu Anda harus menjadwalkan waktu untuk memoles, dan wax lantai kayu tersebut untuk menjaga pola-pola lantai kayu tersebut tetap indah.

Namun perlu diperhatikan agar lantai kayu tetap terjaga kualitasnya. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan banyak air untuk membersihkan lantai kayu tersebut, cukup dengan mengusap dengan sedikit air pada lantai kayu tersebut.

4. Menjaga karpet agar selalu lembut

Terkadang ketika sudah menggunakan karpet dengan jangka waktu yang lama, kelembutan pada karpet tersebut berubah. Karena hal tersebut baiknya Anda meluangkan waktu untuk menjaga kelembutan karpet tersebut.

Anda dapat menjadwalkan waktu untuk mencuci, dan menghilangkan noda yang membandel pada karpet. Untuk karpet yang berbulu Anda dapat menggosoknya dengan sisir atau dengan sikat berbahan halus.

5. Menjaga kualitas furnitur berbahan kulit

Menggunakan furnitur berbahan kulit memang dapat menjadi pilihan pertama Anda, karena bahan kulit dapat bertahan lebih lama dibandingkan bahan biasanya. Namun bukan berarti furnitur berbahan kulit tidak membutuhkan perawatan. Seiring dengan bertambahnya usia bahan kayu tersebut dapat menjadi kering, dan mengalami keretakan.

Karena hal tersebut baiknya selalu menjaga kebersihan furnitur berbahan kulit. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner pada bagian-bagian yang tidak terjangkau seperti sela-sela pada sofa. Atau ketika furnitur tersebut terkena tumpahan air atau cairan lainnya, Anda dapat segera membersihkannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya