Tips Agar Suasana Rumah Tetap Nyaman Saat Musim Hujan

Ilustrasi Hujan
Sumber :
  • Pixabay/ guoyakun

VIVA.co.id – Sebagian besar wilayah Jakarta dan sekitarnya, mulai diguyur hujan. Ini pertanda, tak lama lagi musim penghujan tiba.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Saat musim hujan, siapa pun rentan mengalami penurunan kondisi imunitas tubuh. Untuk itu, selain diperlukan kewaspadaan dengan menjaga kondisi kesehatan tubuh, Anda pun juga perlu menjaga kebersihan rumah.

Sebab, saat musim hujan, rumah akan mudah lembab, dan hal tersebut bisa menjadi tempat yang baik untuk kuman berkembang biak hingga menjadi sarang penyakit.

Makin Sulit Dapat Hunian yang Layak di Jakarta, Ini Sebabnya

Untuk itu, sebelum hujan datang tanpa henti, sebaiknya persiapkan rumah Anda dengan baik untuk melewati musim hujan yang panjang.

Seperti dilansir laman Realtor Rabu 4 Oktober 2017, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum dan saat musim hujan tiba:

Anak Jaksel Boleh Seneng! Kawasan Senopati Dipercantik Lampu Estetik Bergaya Arsitektur Eropa

1. Persiapkan mesin cuci

Ketika musim hujan mulai datang, akan sulit untuk menjemur pakaian Anda di bawah sinar matahari. Karena hal tersebut, ada baiknya Anda membersihkan ventilasi pengering pada mesin cuci. Pastikan juga tidak ada serat-serat yang menempel, atau menghambat proses pengeringan pakaian. Dengan demikian, pakaian akan tetap kering sempurna walaupun mendapatkan sinar matahari yang terbatas.

2. Bersihkan permukaan dinding dan lantai

Dengan suhu udara yang dingin dan lembab terkadang dapat membuat dinding mengelupas dan terjadi pembusukan pada lantai, atau dinding yang terbuat dari kayu. Sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya Anda membersihkan lantai dan dinding rumah. Pastikan tidak ada jamur yang menempel, karena dengan suhu yang lembab dapat mempercepat pertumbuhan jamur yang ada pada rumah.

Salah satu solusi lain adalah Anda dapat melapisi dinding dengan cat pelapis anti bocor, yang dapat mencegah kebocoran dan genangan air yang menetes dari dinding atau atap.

3. Perhatikan halaman

Memiliki halaman rumah yang nyaman, dan dilengkapi dengan tempat duduk, bisa menjadi area rumah yang nyaman untuk bersantai. Namun, saat musim hujan tiba, area ini justru menjadi tempat yang jarang dihuni. Untuk itu, akan lebih baik, segala perabot seperti kursi, bantal, atau bahkan sofa, dimasukkan ke dalam rumah, agar tidak lembab dan menjadi sarang bakteri, karena tetesan air hujan. Tak hanya itu, furniture yang terkena air, juga akan mudah rusak dan berkarat.

4. Jaga kebersihan rumah

Ketika hujan turun beberapa bagian dalam rumah akan menjadi lembab, seperti kaca jendela dan area-area yang terkena tetesan air hujan secara langsung. Karenanya, selalu bersihkan kaca, untuk meminimalisir rumah dari kelembaban.

Selalu bersihkan area-area yang terkena hujan secara langsung untuk menghindari kecelakaan seperti terpeleset akibat lantai yang licin, dan menjaga kebersihan pembuangan sampah, serta penyimpanan air, untuk mencegah adanya sarang nyamuk dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan Anda dan keluarga. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya