Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 13 Oktober 2017 | 16:12 WIB
  • Tips Membangun Suasana Ruang Keluarga yang Nyaman

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Ayu Utami Paramitha
Tips Membangun Suasana Ruang Keluarga yang Nyaman
Photo :
  • Dok. IKEA
Inspirasi Tata Interior Ruang Keluarga di IKEA Alam Sutera, Tangerang

VIVA.co.id – Ruang keluarga menjadi tempat utama untuk bersantai, dan berkumpul dengan keluarga. Di ruangan ini orang tua dan anak dapat membangun hubungan yang lebih akrab satu sama lain.  

Karena itu penting membuat ruang keluarga menjadi senyaman mungkin bagi setiap anggota keluarga. Dan, semenarik mungkin agar setiap anggota keluarga merasa senang berkumpul bersama, dan tidak berdiam diri di kamarnya masing-masing.

Menurut Communication and Interior desain Manager IKEA, Ardan Hanafi, hal terpenting mendekorasi ruang keluarga adalah membuat ruangan itu menjadi nyaman. Mendekorasi ruangan sesuai dengan kebiasaan atau ketertarikan setiap anggota keluarga.

"Kita bisa lihat pola hidupnya seperti apa, kebiasaannya bagaimana. Jika sang ayah suka membaca koran, bisa membuat pojok membaca untuk sang Ayah," kata saat ditemui di Tangerang, Jumat, 13 Oktober 2017.

Dan, untuk sang anak yang gemar bermain smartphone, dapat menggunakan sofa yang nyaman dan lembut. "Buat semua orang menjadi nyaman dan betah di dalam ruangan itu," ucapnya.

Ia pun menambahkan untuk furnitur yang sesuai dengan keluarga besar, dapat memilih sofa berbentuk 'L' yang ditambah dengan batal-bantal empuk. Sehingga anak yang gemar bermain smartphone dapat bermain di ruang tamu dengan nyaman seperti di kamarnya. Penggunaan karpet dan pencahayaan juga perlu diperhatikan.

"Pilih karpet yang berbahan lembut, sehingga siapa pun merasa nyaman untuk melakukan aktivitas bersama di lantai. Pencahayaan juga harus dipikirkan, karena akan banyak aktivitas yang dilakukan, maka gunakan standing lamp, selain untuk pencahayaan, dapat menambahkan nilai dekorasi pada ruangan," ucapnya

Ia juga menambahkan pada penggunaan produk elektronik seperti televisi juga menjadi alat untuk meramaikan suasana. Ketika saudara, dan keponakan berkunjung, Anda dapat melewati waktu bersama untuk menonton televisi bersama.