Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 16 Oktober 2017 | 13:39 WIB
  • Tips Siasati Area Dapur Apartemen Studio agar Terkesan Luas

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Ayu Utami Paramitha
Tips Siasati Area Dapur Apartemen Studio agar Terkesan Luas
Photo :
  • Pixabay/pexels
Area dapur apartemen studio

VIVA.co.id – Apartemen tipe studio belakangan menjadi primadona bagi para single, atau pasangan muda yang baru menikah. Dari berbagai tipe dan jenis, apartemen studio ini adalah tipe terkecil dari semua tipe yang biasa ditawarkan developer apartemen di Indonesia. 

Sekilas ruangan tipe ini sangat sederhana dan mirip kamar hotel. Karena itu, biasanya luas apartemen studio tak lebih dari 20 hingga 30 meter persegi (tergantung dari masing-masing developer).

Selain itu, membutuhkan imajinasi tinggi untuk mendesain apartemen jenis studio ini dan membuatnya terkesan luas dan nyaman. 

Bagian penting yang seringkali dilewatkan adalah desain bagian dapur apartemen tipe studio. Padahal, dapur yang memiliki desain baik tentunya akan memiliki nilai fungsional yang tinggi.

Dilansir dari laman Archtectural Digest Senin 16 Oktober 2017, Berikut ini empat hal yang harus dilakukan untuk membuat area dapur pada apartemen tipe studio terkesan lebih luas.

1. Hindari meletakkan barang di lantai
 
Ruangan akan lebih terlihat sempit apabila terlalu banyak barang-barang di dalamnya. Anda dapat memaksimalkan lahan kosong pada dinding Anda sebagai opsi lain untuk meletakkan barang-barang Anda. Seperti menggunakan kabinet gantung, sehingga bagian bawah dapat digunakan untuk keperluan yang lainnya.

2. Tidak gunakan meja makan

Meja makan dengan ukuran besar dapat membuat ruangan tampak lebih kecil, terutama pada ruangan yang sudah memiliki luas terbatas. Lebih baik untuk tidak menggunakan meja makan, Anda dapat menggantinya dengan meja bar yang berukuran kecil dan ramping sebagai pengganti meja makan.

3. Memilih kulkas dengan ukuran yang tepat

Pilihlah ukuran kulkas yang sesuai dengan apartemen Anda. Hindari membeli kulkas yang terlalu besar. Cukup kulkas dengan satu pintu yang disesuaikan dengan spot dapur Anda.

4. Tempat cuci piring
 
Mengelola tempat cuci piring sangatlah penting bagi area dapur yang sempit. Seringkali Anda tidak langsung menyusun kembali piring-piring yang sudah kering, atau yang telah selesai dibersihkan sehingga ruangan dapur terlihat lebih tidak tertata. 

Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan rak dengan pintu yang tertutup, sehingga susunan piring dan yang lainnya tetap terlihat rapi dan bersih. (asp)