Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 10:10 WIB
  • Tips Dekor Ruang Apartemen Sempit Jadi Lapang

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Ayu Utami Paramitha
Tips Dekor Ruang Apartemen Sempit Jadi Lapang
Photo :
  • Pixabay/pexels
Area dapur apartemen studio

VIVA – Apartemen ternyata masih menjadi hunian favorit banyak orang. Selain bisa diinvestasikan, apartemen juga menjadi hunian yang bisa ditata sesuai keinginan penghuninya.

Meski luasnya terbatas, ini yang menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik apartemen untuk mendekorasinya.

Antony Liu, seorang arsitek dan salah satu founder dari Studio Tonton, saat ditemui pada peluncuran unit pertama apartemen Carstensz Residence di Mall Living World Alam Sutra, Rabu, 25 Oktober 2017, menjelaskan bahwa apartemen masih bisa ditata sesuai dengan karakter dan kebutuhan penghuninya.

Namun untuk keluarga baru dan memiliki anak, akan ada beberapa pertimbangan lainnya seperti kamar anak, dan ruang bermain anak.

"Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan ketika mendekorasi apartemen adalah bukan pada ruang, sehingga matahari, dan udara alami yang langsung dari alam dapat masuk dengan mudah," ucapnya.

Dengan mengatur pembukaan dengan baik, selain memberikan kesan ruangan terlihat lebih luas, juga sebagai salah satu faktor yang penting untuk kesehatan dari pengguna apartemen tersebut. Karena luasnya yang terbatas maka cahaya dan alur udara harus terjaga kelancarannya sehingga semua orang di dalam tetap terjaga kesehatannya.

Pemilihan furnitur dengan tepat juga penting dilakukan. Dengan luas yang terbatas sebaiknya tidak menggunakan furnitur berukuran besar. Kemudian manfaatkan ruangan dengan baik. Seperti ruang makan digabungkan dengan ruang dapur dapat menjadi solusi yang tepat.

Pemilihan warna juga perlu diperhatikan. Anda dapat menggunakan warna netral seperti putih dan abu-abu untuk memberikan kesan luas pada ruangan. Dan jika pencahayaan yang didapat kurang memadai, lebih baik menambahkan cahaya buatan.

"Jika dalam ruangan kurang menerima cahaya alami, lebih baik dibantu dengan penggunaan lampu. Namun sebaiknya gunakan lampu yang ramah lingkungan seperti LED," ucapnya. (ase)