Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 12:39 WIB
  • Sedang Tren, Ini Tips Sederhana Merawat Karpet Anyaman

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Ayu Utami Paramitha
Sedang Tren, Ini Tips Sederhana Merawat Karpet Anyaman
Photo :
  • Instagram.com/rumahamasti
Karpet anyaman.

VIVA – Karpet adalah salah satu komponen furnitur dalam rumah yang mudah memberikan kesan hangat dan nyaman dalam ruangan. Selain itu, penggunaan karpet juga mampu menambah nilai estetika ruangan dengan ragam desain yang tersedia saat ini.

Belakangan, desain karpet dengan anyaman banyak digemari, karena selain memunculkkan tampilan ruangan bergaya 'rustic', penggunaan material alam akan membuat ruangan terkesan lebih hidup.

Christina Pipiet Noor founder Rumah Amasti mengatakan bahwa merawat furnitur berbahan serat alam tidaklah mudah. Biasanya karpet anyaman ini dapat bertahan dalam jangka waktu panjang jika dijaga dalam kondisi kering.

"Untuk karpet bisa bertahan bertahun-tahun jika perawatannya benar. Kuncinya harus selalu kering, tidak boleh lembap. Jika kotor boleh dicuci dengan lap basah, lalu dikeringkan sampai benar-benar kering untuk menghindari jamur," ucapnya kepada VIVA.co.id.

Lanjut ia juga menjelaskan bahwa untuk merawat karpet anyaman itu tidak sesulit yang kita bayangkan, hanya dengan membersihkannya dengan rajin dan menghindari dari basah karena manyoritas produk berserat alam dapat membusuk jika terkena air hujan atau pun lembap. 

"Bersihkan secara berkala dengan vacum cleaner karena banyak rongga yang biasanya jadi sarang debu. Jika kotor segera bersihkan dengan air atau air sabun. Tapi pastikan setelah pencucian langsung dikeringkan hingga benar-benar kering," ucapnya.

Lanjut ia juga menambahkan karena sifat anyaman ini tidak dapat terkena air hujan atau lembap maka sebaiknya digunakan pada bagian dalam rumah. Sehingga menghindari terjadinya jamuran pada karpet anyaman tersebut. saat berbincang beberapa waktu lalu mengatakan untuk karpet dapat bertahun-tahun kuncinya adalah harus selalu kering

"Untuk karpet bisa bertahan bertahun-tahun jika perawatannya benar. Kuncinya harus selalu kering, tidak boleh lembap. Jika kotor boleh dicuci dengan lap basah, lalu dikeringkan sampai benar-benar kering untuk menghindari jamur," ucapnya

Lanjut ia juga menjelaskan bahwa untuk merawat karpet anyaman itu tidak sesulit yang kita bayangkan, hanya dengan membersihkannya dengan rajin dan menghindari dari basah karena mayoritas produk berserat alam dapat membusuk jika terkena air hujan atau pun lembap. 

"Bersihkan secara berkala dengan vacum cleaner karena banyak rongga yang biasanya jadi sarang debu. Jika kotor segera bersihkan dengan air atau air sabun. Tapi pastikan setelah pencucian langsung dikeringkan hingga benar-benar kering," ucapnya.

Ia menambahkan, karena sifat anyaman ini tidak dapat terkena air hujan atau lembap maka sebaiknya digunakan pada bagian dalam rumah. Sehingga menghindari terjadinya jamuran pada karpet anyaman tersebut.