Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 15:54 WIB
  • Lima Aturan Penting saat Dekorasi Ruang Tamu

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Ayu Utami Paramitha
Lima Aturan Penting saat Dekorasi Ruang Tamu
Photo :
  • Pixabay/Kaboompics
Ilustrasi interior ruang tamu.

VIVA – Ruang tamu dapat dibilang merupakan ruangan terpenting yang ada di dalam rumah. Karena di ruang tamu Anda akan menjamu tamu, dan keluarga yang Anda cintai.

Dan untuk sebagian rumah yang menggabungkan antara ruang tamu dan ruang keluarga, di ruang itulah mereka paling banyak menghabiskan waktu bersama. Karena itu untuk memastikan ruangan selalu tampak baik, dilansir dari The Spurce, Kamis 26 Oktober 2017, berikut adalah hal yang boleh dan tidak boleh dalam mendekorasi ruangan tamu.

1. Warna cat dinding

Jangan: memilih warna cat terlebih dulu. Cat dinding tersedia dalam ribuan warna, dan akan mudah diganti. Lebih baik memilih warna cat dinding  pada saat terakhir.

Lakukan: sebaiknya pilih furnitur yang paling mahal terlebih dahulu, seperti sofa. Setelah itu baru aksesori, dan memilih warna cat dinding.

2. Peletakan dan ukuran karpet

Jangan: menggunakan karpet dengan ukuran terlalu kecil. Ini lah yang paling sering menjadi kesalahan orang saat mendekorasi ruangan. Dengan menggunakan karpet terlalu kecil dapat membuat ruangan tampak sempit dan tidak proporsional.

Lakukan: pastikan semua perabotan sesuai dengan ukuran karpet. Idealnya seluruh furnitur seperti sofa, coffee table, dan lampu harus berada di dalam karpet.

Sebaiknya memilih furnitur yang tidak terlalu besar sehingga dapat sesuai dengan ukuran karpet, dan membuat ruangan lebih terlihat luas.

3. Tata letak lukisan

Jangan: menggantungkan lukisan dengan posisi yang terlalu tinggi.  Kebanyakan orang cenderung melakukan kesalahan dengan menggantung lukisan lebih dekat ke langit-langit dari pada seharusnya. Sehingga membuat kesulitan ketika ingin melihat lukisan tersebut, dan tidak terlihat proporsional.

Lakukan: letakkan lukisan setingkat dengan arah pandangan mata sebagai titik pandang.

4. Tata letak dan penggunaan bantal

Jangan: menggunakan terlalu banyak bantal pada sofa Anda, karena akan mempersulit ketika Anda duduk. Dan jangan menggunakan bantal yang satu warna dengan sofa, karena akan terlihat membosankan.

Lakukan: bermainlah dengan pola, dan warna pada bantal, karena akan memberikan suatu yang menyegarkan pada ruangan. Namun tetap perhatikan komposisi agar tidak berlebihan. Dan pilihlah bantal dengan berbagai bentuk dari yang terbesar hingga yang terkecil.

5. Mengatur dekorasi

Jangan: menerima saran orang lain baik untuk memberikan lebih banyak opsi, dan inspirasi. Namun Anda juga harus mengerti siapa Anda, dan apa yang menjadi karakter Anda. Anda harus terlibat di dalam dekorasi tersebut, karena ruangan ini adalah milik Anda. Rumah harus mencerminkan diri Anda sendiri bukan orang lain.

Lakukan: dalam mendekorasi tetap harus mengikuti aturan dasar dekorasi. Angka ideal untuk menggunakan corak dalam satu ruangan adalah tiga corak.

Campur ukuran furnitur dan aksesori dalam kombinasi kecil, medium, dan besar. Ini akan membuat komposisi yang baik pada ruangan Anda.