Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 27 Oktober 2017 | 09:46 WIB
  • Tempat Ini Sering Terlupakan saat Bersih-bersih Rumah

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Putri Firdaus
Tempat Ini Sering Terlupakan saat Bersih-bersih Rumah
Photo :
  • Pixabay/pexels
Ilustrasi jendela dapur

VIVA – Sangat mudah untuk melihat area mana yang perlu dibersihkan saat Anda memasuki sebuah ruangan. Entah itu dapur, kamar tidur atau ruang tamu.

Namun, saat bersih-bersih ada beberapa area yang kerap terlupakan untuk juga dibersihkan. Apa saja? Berikut di antaranya dilansir laman The Spruce.

Kolong perabot

Area kolong tempat tidur, sofa, meja atau lemari sangat mudah dipenuhi debu. Anda bisa bersihkan dengan sapu atau vacuum cleaner. Tak hanya itu, perhatikan pula bagian bawah perabot biasanya jaring laba-laba atau tumpukan debu juga menempel di sana. Bersihkan bagian ini setidaknya 2 kali dalam setahun.

Bagian atas lemari, pintu dan bingkai foto

Kita kerap melupakan bagian yang jarang terlihat. Bersihkan secara rutin bagian bingkai pintu, dapur, bagian atas lemari, sudut langit-langit rumah hingga bingkai foto. Sebaiknya gunakan kain berbahan microfiber agar tidak terpapar debu berlebihan.

Ventilasi

Jika ventilasi tertutup debu, maka penyaringan udara tidak terjadi dengan sempurna. Jangan lupa bersihkan semua penyaring udara baik ventilasi atau alat penyaring udara lain.

Lantai lemari pakaian

Beberapa orang menggunakan karpet sebagai alas lantai lemari. Bersihkan karpet secara berkala agar jamur dan kutu pakaian tidak berkembang di sana.

Begitu pula bagi Anda yang menggunakan kertas. Gantilah alas pakaian agar tidak membekas pada pakaian Anda. Bersihkan setiap sudut lemari pakaian agar tidak ditumbuhi jamur. Saat melakukan ini, Anda juga bisa memilah-milah baju yang sudah tidak terpakai untuk dibuang atau didonasikan.

Tanaman dalam ruangan

Baik asli maupun buatan, bersihkan tumbuhan ini secara berkala. Tumbuhan ini juga dapat menjadi area tumpukan debu. Untuk tumbuhan replika Anda bisa cuci atau sekadar mengelapnya dengan kain.

Peralatan pembersih

Sapu, kemoceng, vacuum cleaner hingga spons pencuci juga perlu dibersihkan secara berkala agar bersih-bersih di kemudian hari menjadi lebih maksimal.