Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 27 Oktober 2017 | 10:36 WIB
  • Perbedaan Lampu LED dengan Lampu Pijar

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Ayu Utami Paramitha
Perbedaan Lampu LED dengan Lampu Pijar
Photo :
  • Pixabay
Lampu LED

VIVA – Saat ini teknologi sudah semakin berkembang, melengkapi dan mendukung gaya hidup manusia. Salah satu yang ikut berkembang adalah teknologi pencahayaan.

Mungkin Anda sudah sering mendengar salah satu teknologi lampu LED. Lampu LED adalah pancaran cahaya yang dikumpulkan menjadi lampu. Lampu LED memiliki kelebihan dibanding lampu konvensional, yakni usia pemakaian yang lebih lama dibandingkan dengan lampu pijar atau lampu konvensional lainnya.

"Penggunaan lampu LED tentunya akan lebih tahan lama, karena LED merupakan teknologi terbaru. Dan pencahayaan yang dihasilkan oleh LED tidak menimbulkan panas, dan pencahayaannya pun lebih merata," ucap Teuku Rinaldi, lighting designer dan consultant, saat ditemui di Philips Lighting LED 'eye comfort' talk show di Jakarta,  Kamis 26 Oktober 2017

Lanjut Teuku, saat ini adalah era LED. Lampu LED memiliki berbagai macam bentuk dan varian, sehingga mudah untuk digunakan, dan disesuaikan pada seluruh ruang.

Meski begitu, ia menyarankan pentingnya memilih lampu LED dengan kualitas terbaik. Dan salah satu cara memilih lampu LED yang baik adalah dengan cara memperhatikan apa ada kedipan pada lampu tersebut atau tidak, dan tidak ada suara bising yang keluar dari lampu tersebut.

Selain tahan lama, kelebihan lain lampu LED adalah penggunaan daya listrik yang lebih hemat dibanding lampu konvensional.  

"Jika orang lain masih beranggapan bahwa lampu konvensional itu lebih murah dibandingkan lampu LED, menurut saya itu salah. Karena lampu konvensional akan cepat habis masanya, dan listriknya lebih mahal dibandingkan dengan LED," ucapnya. (one)