Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 27 Oktober 2017 | 18:20 WIB
  • Gunakan Pencahayaan untuk Membagi Ruang Rumah

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Ayu Utami Paramitha
Gunakan Pencahayaan untuk Membagi Ruang Rumah
Photo :
Aneka pilihan lampu untuk mempercantik rumah

VIVA – Jika dimanfaatkan secara baik, cahaya bukan hanya dijadikan sebagai salah satu alat yang membantu panca indera dalam melihat. Namun, masih banyak lagi yang dapat dilakukan dengan cahaya.

Cahaya terbagi dua, yaitu cahaya alami, yang langsung dari alam, dan cahaya buatan dari lampu. Menurut Lighting Designer dan Consultant, Teuku Rinaldi, cahaya dapat memberikan optik ilusi yang membuat ruangan terlihat lebih besar, dan dapat menjadi pembagi serta penanda ruangan jika digunakan dengan benar.

"Melihat bentuk rumah saat ini yang banyak menggabungkan antara satu ruang dan ruang yang lainnya, memanfaatkan cahaya lampu dengan baik dapat dijadikan penanda bagi setiap ruangannya," ucapnya saat berbincang dengan VIVA beberapa waktu lalu

Teuku mengatakan, gunakan lampu sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan di tiap ruangan. "Untuk di ruang makan bisa menggunakan warna kuning dan berfokus di meja makan saja, jadi hidangan yang disajikan akan lebih terasa lezat, dan menggugah selera," ucapnya.

Namun, perlu digarisbawahi ketika membagi ruangan dengan menggunakan cahaya, jangan pernah menggunakan cahaya dengan terang yang sama. Dikarenakan itu akan mempersulit dalam membedakan setiap ruangnya.

"Berbeda dari area ruang makan, pada dapur sebaiknya tidak menggunakan lampu yang hanya berfokus pada satu bagian saja. Namun, sebaiknya menggunakan cahaya yang lebih menyebar ke seluruh ruangan, sehingga ketika melakukan aktivitas di dapur akan lebih mudah dan fokus, karena mendapatkan pencahayaan yang baik," ucapnya.

Hal seperti itu juga berlaku pada ruang tamu, keluarga, dan ruang kamar tidur. Sebaiknya pada ruangan-ruangan yang lebih dibutuhkan untuk beristirahat, dan bersantai sebaiknya menggunakan lampu yang lebih hangat.

Jangan khawatir akan ruangan terlihat gelap, karena Anda dapat menggabungkan dengan cahaya lain yang berasal dari lampu gantung, lampu diri, atau pun lampu sorot yang hanya memfokuskan ke satu objek.

Upaya itu membuat setiap ruangan akan memiliki ciri khasnya masing-masing. Dan ruangan akan tetap terlihat terang, namun juga memberikan kenyamanan untuk beristirahat, dan menjalani aktivitas Anda di rumah.