Ingin Mengecat Dinding Sendiri? Perhatikan Hal Ini

Cat dinding warna pink menjadi tren di 2018
Sumber :
  • Elle Decor

VIVA – Ketika mendekorasi rumah terkadang membutuhkan bujet yang tidak sedikit. Salah satu cara untuk mengurangi tingginya bujet yang dikeluarkan adalah dengan melakukannya sendiri, seperti halnya mengecat dinding rumah. 

Sering Dilakukan, 3 Kesalahan Saat Memilih Cat Dinding

Mengecat dinding harus rutin dilakukan setiap tahun, agar rumah terlihat terawat. Aktivitas ini pun bisa sangat menyenangkan yang dapat dilakukan bersama dengan keluarga. 

Agar cat dinding dapat bertahan dengan baik, dan lebih tahan lama ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Menurut Direktur dari Pacific Paint, Suryanto, salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah menentukan fungsi dari ruangan terlebih dahulu. 

Kandungan Cat Dinding Ampuh Tangkal Virus Corona di Rumah

"Pertama pikirkan, mau untuk apa ruangan itu jadi bisa disesuaikan untuk menggunakan jenis cat dindingnya. Dekoratif untuk di dalam ruangan, atau di luar ruangan," ucapnya saat ditemui oleh VIVA pada pembukaan wisata Kampung Bekelir, di Tangerang, Kamis 16 November 2017.

Suryanto menjelaskan hal tersebut bertujuan agar tidak ada kesalahan ketika memilih jenis cat dinding. Tahap berikutnya adalah, pastikan dinding yang ingin dicat telah bersih, dan sudah halus tidak ada butiran-butiran yang menempel. 

Coba Ganti Suasana Rumah Biar Gak Bosan Selama Pandemi

"Sebelum memulai mencat dinding, sebaiknya tembok dibuat halus terlebih dahulu dengan menggunakan amplas, agar permukaan tembok menjadi halus, dan hasil yang didapatkan juga lebih maksimal," ucapnya.

Ia juga menghimbau agar menjaga dinding jangan sampai lembap ketika ingin mengecat, karena dikhawatkirkan akan timbul jamur, atau lumut pada dinding. Dan jika diperlukan dapat melapisi cat dinding beberapa kali agar hasil warna yang diinginkan lebih terlihat. 

Ilustrasi ruangan/cat dinding hijau

Cantik Banget, 5 Inspirasi Warna Hijau Bolu Pandan untuk Dinding Rumah

Endy Nahya mengatakan, warna hijau dapat menimbulkan kesan menyegarkan karena identik dengan alam dan tumbuhan.

img_title
VIVA.co.id
23 Mei 2021