Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 17 November 2017 | 10:42 WIB
  • Trik Jitu Basmi Tikus dengan Bahan Dapur

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti
Trik Jitu Basmi Tikus dengan Bahan Dapur
Photo :
  • Pixabay/ Bergadder
Tikus

VIVA – Menjadi hal yang menyebalkan, saat tahu banyak perabot rumah rusak karena digigit tikus. Tak hanya itu, sudut ruang rumah atau bagian bawah dapur memiliki bau tak sedap karena kotoran tikus.

Ya, bagi sebagian besar orang, tikus dianggap hewan menjijikkan dan penyebar penyakit, sering berkeliaran di dalam rumah. Bukan hal yang mudah untuk membasmi hewan satu ini. Namun, seperti dilansir laman Times of India, ada trik jitu bagaimana mengusir tikus jauh dari rumah Anda.

Minyak peppermint

Tikus tidak menyukai bau peppermint. Anda dapat menaruh beberapa minyak peppermint di bola kapas dan menempatkannya di titik masuk dan sudut lainnya yang menurut Anda bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman dari makhluk mungil ini.

Ulangi setiap beberapa hari untuk mengusir tikus jauh dari rumah. Dan keuntungan besar lainnya, rumah pun akan terasa segar saat aroma ini diterbarkan.

Kentang instan

Taburkan bubuk kentang instan ke setiap sudut ruang rumah, terutama di tempat-tempat tikus bersarang. Tikus akan suka  memakan bubuk tersebut. Namun tahukah Anda, serpihan bubuk kentang akan meracuni tikus karena menyebabkan usus hewan pengerat itu perlahan membengkak dan akhirnya membuat tikus mati.

Bawang

Bukan hanya manusia, bahkan tikus pun membenci bau bawang yang menyengat. Namun bahayanya, bawang mudah membusuk dengan cepat dan bisa menjadi racun bagi hewan peliharaan di rumah. Anda perlu mengganti bawang setiap hari kedua, agar bawang selalu segar.

Campuran bubuk cokelat dan kopi

Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur bubuk kopi kering dan bubuk cokelat kering dan menyebarkannya ke tempat dimana tikus bersarang. Setelah mereka menghabiskan bubuk campuran kopi dan cokelat, tikus-tikus dipastikan akan panik kehausan hingga mati.

Serpih paprika

Ini adalah cara paling murah untuk mengusir tikus keluar dari rumah. Tebar bubuk paprika di sepanjang pintu masuk dan sudut lainnya. Dipastikan, tikus enggan masuk ke dalam rumah.

Bawang putih

Buat ramuan anti-tikus, dengan cara mencampur bawang putih cincang dengan air. Anda juga bisa meninggalkan beberapa siung bawang putih di titik masuk rumah Anda.

Cengkeh atau minyak cengkeh

Tikus tidak menyukai cengkeh. Tempatkan  cengkeh dalam beberapa lubang sarang tikus.

Amonia

Tikus membenci bau yang kuat. Tuangkan Amonia ke dalam mangkuk kecil dan tempatkan di dekat tempat favorit mereka bersarang. (ren)