Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 21 November 2017 | 16:03 WIB
  • Tips Menanam Bawang di Rumah

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Ayu Utami Paramitha
Tips Menanam Bawang di Rumah
Photo :
  • Ikhsan Mahmudi | Surabaya Post
Tanaman bawang merah yang ditanam berjenjang

VIVA – Salah satu cara menyenangkan untuk menghabiskan waktu adalah berkebun. Anda dapat menanam berbagai jenis tanaman, bukan hanya bunga-bunga dan pepohonan, tapi juga sayuran di halaman rumah Anda.

Menanam sayuran di halaman rumah, ternyata tidak sesulit seperti apa yang dibayangkan. Salah satu yang dapat dibuat adalah bawang. Ini bumbu dapur yang memiliki banyak fungsi. Mulai dari daun hingga buahnya ternyata dapat ditanam dengan mudah pada halaman rumah Anda.

Dilansir dari Diy Network, Selasa 21 November 2017 berikut adalah bahan-bahan, dan langkah-langkah menanam bawang di halaman rumah Anda.

Peralatan: Cangkul

Bahan-bahan:

Satu set bawang (bawang putih atau bawang merah)
Pupuk tanaman
Kompos

Cara membuat:

1. Gunakan cangkul untuk membuat lahan tanah di halaman Anda untuk membuat beberapa media menanam bawang secara horizontal sekitar 12 cm sampai
15 cm. Namun jika tanah terasa sangat kering, Anda dapat membasahi sedikit dengan air sebelum memulai proses menanam.

2. Ketika menanam bawang berikan jarak sekitar dua cm dari masing-masing bawang, dan menanamnya dengan kedalaman kurang lebih 1 1/2 cm kedalaman tanah. Agar dapat tumbuh dengan subur jangan lupa menggunakan campuran pupuk kandang, dengan tanah, dan menyiramnya dengan semercik air.

3. Pastikan Anda seriap hari menyiramnya dengan baik, perhatikan sekeliling tanaman bawang jangan sampai ada hama, atau jamur yang menempel pada tanaman bawang Anda.

4.  Bawang tumbuh dengan dua tahap, pertama tahap mengisi di mana daun bawang sudah mulai tumbuh dan muncul. Pada tahap ini Anda dapat memetiknya karena daun bawang yang muncul pada tahap ini terasa lebih manis. 

Namun jika Anda menginginkan bawang. Anda harus menunggu sedikit lama hingga daun bawang yang muncul tumbuh sedikit membungkuk, dan siap untuk di petik. Cara memetiknya cukup menggunakan tangan agar bentuk bawang tidak rusak. (ren)