Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 30 November 2017 | 13:24 WIB
  • Cara Membuat Ruang Tidur Modern dan Nyaman

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Ayu Utami Paramitha
Cara Membuat Ruang Tidur Modern dan Nyaman
Photo :
  • IKEA
Ilustrasi kamar tidur

VIVA – Dalam mendekorasi suatu ruang, sering kali terjebak dalam keinginan untuk meniru karya inspiratif orang lain untuk mencapai gaya tertentu. Tapi, terkadang melupakan apa yang sebenarnya yang membuat Anda bahagia, dan apa yang penting saat mendekorasi ruangan. 

Misalnya mendekorasi ruang tidur. Ruangan ini harus ditata agar nyaman dan ramah ketika digunakan. Ruang yang akan membuat orang yang tidur di dalamnya dapat merasa nyaman dan aman. 

Lalu bagaimana membuat kamar tidur agar nyaman dan menyenangkan? Berikut tips mendekorasi kamar tidur agar terlihat modern, praktis, dan nyaman dalam waktu bersamaan. 

Dilansir dari Homedit, Kamis, 30 November 2017, ada banyak sekali ide kamar tidur bergaya modern. Detail penting yang menandai semua ruangan modern adalah berfokus pada nilai fungsional ruangan tersebut. 

Menggunakan perabotan multifungsi merupakan langkah baik dalam menciptakan ruang tidur modern. Karakteristik lain dari ruang modern adalah penggunaan garis dan bentuk yang bersih dan lurus.

Yang dimaksud dengan bersih dan lurus adalah tidak perlu menggunakan aksesori atau perabotan yang tidak memiliki fungsi yang baik, cukup menggunakan perabotan yang dibutuhkan saja. 

Untuk menghindari membuat tampilan kamar tidur modern terlalu sederhana, gunakan kombinasi warna dan tekstur dan pastikan untuk membuat satu atau lebih titik fokus. Misalnya, lampu gantung bisa menjadi elemen yang eye-catching untuk ruangan. Peran yang sama bisa dilakukan oleh sebuah kursi aksen yang diletakkan santai di pojok atau di dekat jendela. 

Tentu saja, tempat tidur sendiri dapat menjadi titik vokal, apalagi jika memiliki kanopi-kanopi atau  headboard menonjol. Sebagai aturan umum, warna selalu bisa menjadi titik fokus. 

Penggunaan warna

Pastikan Anda tidak membanjiri ruangan dengan warna berani atau cerah. Bagaimana pun, kamar tidur harus menenangkan dan santai. Sebuah kamar tidur abu-abu bisa sangat menawan jika Anda menambahkan warna aksen  di sana-sini.

Pada dasarnya memilih perabotan untuk kamar tidur modern itu sangat sederhana, jika Anda sudah mengetahui apa yang Anda inginkan. Perabotan kamar modern harus sederhana, fungsional, dan serbaguna. 

Kamar tidur modern sebenarnya juga tidak harus menggunakan seluruh perabotan dan aksesori modern di dalamnya. Namun Anda dapat mencocokkan dengan beragam tema selain modern.

Misalnya, perpaduan antara modern dan vintage dapat terlihat chic di kamar tidur, dan memberikan tampilan yang bohemian dan cozy.

Terakhir adalah pencahayaan. Kamar tidur modern biasanya memiliki cahaya alami yang berlimpah, yakni terdapat jendela-jendela sebagai media cahaya dapat masuk ke dalam ruangan. Anda bisa memaksimalkan cahaya yang masuk ruangan dengan memilih warna terang atau cermin besar, sehingga menciptakan kesan ruang lebih terlihat luas.