Warna Dinding yang Cocok untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Ilustrasi rumah rapi dan lapang
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bukan hanya pemanis ruangan, cat rumah juga mampu memengaruhi suasana di dalamnya. Bahkan, pemilihan warna cat yang tepat ternyata bermanfaat bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Pentingkah Pendidikan Seksual bagi Anak Berkebutuhan Khusus?
Sebagaimana diungkapkan Jeremy Rowe, Managing Director, Akzonobel Decorative Paints South East & South Asia, Middle East, saat peluncuran tren warna 2018, di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat belum lama ini. 
 
Haru, Anjing Dorong Kursi Roda Anak Berkebutuhan Khusus di Mal
Jeremy menggolongkan warna ke dalam tiga bagian sesuai dengan kondisi anak. Untuk anak yang memiliki perilaku hiperaktif, Jeremy menyarankan untuk memilih warna-warna tenang.
 
Dikaruniai Anak Berkebutuhan Khusus, Agatha Suci Bersyukur
"Dalam aplikasinya kalau di rumah ada anak berkebutuhan khusus seperti hiperaktif hindari pemilihan warna yang vibrant, warna merah, kuning. atau warna yang lebih warm agar lebih tenang," ujarnya kepada VIVA.
 
Sedangkan, untuk anak dengan kesulitan fokus atau memiliki masalah belajar, Jeremy menyarankan untuk memilih warna cerah. Dia merekomendasikan untuk membuat kombinasi warna kuning dan ungu. Warna tersebut menurutnya dapat menstimulasi konsentrasi belajar pada anak.
 
Kategori warna terakhir adalah untuk anak yang buta warna. Jeremy menyarankan untuk memilih warna vibrant yang membantu memudahkan anak membedakan warna. "Untuk yang buta warna atau kebingungan warna pemilihan warna vibrant untuk pembedaan warna seperti merah itu bisa membantu mereka dalam mengindentifikasi warna. Jadi perbedaan warna bisa membantu," imbuh Jeremy. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya