Kapan Waktu Terbaik Mengganti Cat Dinding Rumah?

Ilustrasi mengecat dinding
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bagi sebagian orang, akhir tahun bisa jadi waktu yang tepat untuk mengubah suasana rumah. Salah satunya dengan mengganti warna cat dinding.

Aplikasikan 5 Warna Cat Ini di Rumah? Begini Arti Psikologisnya

Masyarakat kita kerap menganggap bahwa mengganti cat rumah mesti dilakukan secara keseluruhan. Sebagiannya lagi bingung kapan waktu yang tepat mengganti cat rumah. Jika Anda mengalami hal demikian, VIVA sempat berbincang dengan arsitek Cosmas Gozali, yang membagikan inspirasi untuk menjawab kebingungan Anda. 

"Sebenarnya kualitas cat itu semakin lama semakin baik, kadang sekarang sampai lima tahun juga masih baik," ungkap Cosmas.

11 Rekomendasi Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan

Selanjutnya, untuk mengganti suasana rumah tidak perlu mengganti cat secara keseluruhan. Tapi bisa disiasati dengan menambahkan ornamen-ornamen kecil untuk mengubah suasana.

"Enggak perlu mengubah empat-empatnya dinding dari suatu rumah, ambil satu meter saja diambil warna yang berbeda, dan itu bisa menampilkan warna yang berbeda, itu bisa dilakukan setiap tahun," kata dia.

11 Warna Cat Ini Bikin Rumah Kecil Terlihat Luas

Dengan demikian, jika ingin melakukan tambahan untuk mengubah suasana secara berkala juga tidak memberatkan baik dari segi biaya dan juga tenaga.

"Kadang orang itu berpikir kalau renovasi rumah itu harus besar-besaran, tapi simpel yang penting ada yang beda, kan sekarang motif organik akan tren, misal kasih bulat-bulat kasih warna yang berbeda," kata dia.

Penggantian suasana ini bisa menyesuaikan dengan momen tertentu seperti Tahun Baru, Natal, dan Lebaran.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya