5 Persiapan Sebelum Mulai Renovasi Rumah

Ilustrasi renovasi rumah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Awal tahun, bisa jadi waktu yang tepat untuk mulai mendekorasi rumah. Termasuk, menata ulang perabotan, menambah ruang, atau mempercantik halaman. Tetapi, sebelum mulai renovasi apapun, sebaiknya Anda membuat rencana dulu.

Pakai Uang Pribadi, Ganjar Bantu Renovasi Rumah Reyot Ketua PAC PDIP

Dengan perencanaan, Anda akan lebih mudah melewati proses pengerjaan. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh gambaran jelas tentang apa saja yang Anda butuhkan selama renovasi berlangsung. Dilansir dari Ideal Home, Kamis 7 Desember 2017, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

1. Buat rencana
Apabila Anda ingin melakukan renovasi besar-besaran, identifikasi keinginan Anda dengan jelas, apakah ruangan itu akan direnovasi menjadi lebih besar, lebih kecil, atau hanya sedikit perubahan dekorasi. Sebagai alternatif Anda dapat mencari referensi desain yang menarik dari berbagai media sosial. Tulis apa yang Anda butuhkan, sehingga mengetahui dengan benar apa yang menjadi tujuan dan kebutuhan Anda sejak awal.

Haru Wanita Tua Punya Anak Guru, Rumahnya Direhab Ganjar

2. Tuangkan ide
Jika Anda memiliki tema dekorasi dengan konsep estetika yang spesifik, Anda dapat melihat di beberapa majalah dan menempelkannya pada buku layaknya sebuah kliping. Atau, ketika Anda sedang bepergian dan melihat referensi menarik, tuliskan pada sebuah memo sebagai simpanan ide dekorasi untuk proyek renovasi rumah Anda.

3. Sesuaikan dengan dana yang Anda miliki
Setelah Anda memiliki gambaran konsep dan apa saja yang Anda butuhkan, tahap berikutnya adalah menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Aturlah berdasarkan prioritas yang paling Anda butuhkan.

Jangan Cuma Cantik, Perhatikan Ini Saat Pilih Ubin Rumah

4. Gunakan tenaga ahli
Menggunakan jasa arsitek, atau desainer interior memang memerlukan dana lebih. Namun, hal tersebut dapat membantu Anda dalam jangka panjang. Karena, mereka mengetahui bagaimana memaksimalkan setiap sudut yang ada pada rumah Anda.

5. Sampaikan keinginan Anda
Jika Anda menggunakan tenaga ahli, yang terpenting adalah sampaikan apa yang menjadi keinginan Anda. Dengan begitu akan terjadi kerja sama yang baik untuk membuat hunian sesuai impian. (asp)

Bank BTN.

Gandeng Arsitag, Ekosistem Digital BTN Sediakan Layanan Renovasi Rumah

BTN menggandeng berbagai startup untuk melengkapi ekosistem digital perumahan untuk mempermudah nasabah.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2022