Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 7 Desember 2017 | 11:41 WIB
  • 5 Persiapan Sebelum Mulai Renovasi Rumah

  • Oleh
    • Alika Noor,
    • Ayu Utami Paramitha
5 Persiapan Sebelum Mulai Renovasi Rumah
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi renovasi rumah

VIVA – Awal tahun, bisa jadi waktu yang tepat untuk mulai mendekorasi rumah. Termasuk, menata ulang perabotan, menambah ruang, atau mempercantik halaman. Tetapi, sebelum mulai renovasi apapun, sebaiknya Anda membuat rencana dulu.

Dengan perencanaan, Anda akan lebih mudah melewati proses pengerjaan. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh gambaran jelas tentang apa saja yang Anda butuhkan selama renovasi berlangsung. Dilansir dari Ideal Home, Kamis 7 Desember 2017, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

1. Buat rencana
Apabila Anda ingin melakukan renovasi besar-besaran, identifikasi keinginan Anda dengan jelas, apakah ruangan itu akan direnovasi menjadi lebih besar, lebih kecil, atau hanya sedikit perubahan dekorasi. Sebagai alternatif Anda dapat mencari referensi desain yang menarik dari berbagai media sosial. Tulis apa yang Anda butuhkan, sehingga mengetahui dengan benar apa yang menjadi tujuan dan kebutuhan Anda sejak awal.

2. Tuangkan ide
Jika Anda memiliki tema dekorasi dengan konsep estetika yang spesifik, Anda dapat melihat di beberapa majalah dan menempelkannya pada buku layaknya sebuah kliping. Atau, ketika Anda sedang bepergian dan melihat referensi menarik, tuliskan pada sebuah memo sebagai simpanan ide dekorasi untuk proyek renovasi rumah Anda.

3. Sesuaikan dengan dana yang Anda miliki
Setelah Anda memiliki gambaran konsep dan apa saja yang Anda butuhkan, tahap berikutnya adalah menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Aturlah berdasarkan prioritas yang paling Anda butuhkan.

4. Gunakan tenaga ahli
Menggunakan jasa arsitek, atau desainer interior memang memerlukan dana lebih. Namun, hal tersebut dapat membantu Anda dalam jangka panjang. Karena, mereka mengetahui bagaimana memaksimalkan setiap sudut yang ada pada rumah Anda.

5. Sampaikan keinginan Anda
Jika Anda menggunakan tenaga ahli, yang terpenting adalah sampaikan apa yang menjadi keinginan Anda. Dengan begitu akan terjadi kerja sama yang baik untuk membuat hunian sesuai impian. (asp)