Cara Mudah Mengatur Peralatan di Dapur Kecil

Ilustrasi dapur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bagi para ibu rumah tangga, memiliki dapur berukuran kecil memang dilema. Selain terbatasnya ruang gerak, dapur kecil juga tidak memungkinkan untuk menyimpan banyak peralatan dapur. Akibatnya, kemudahan untuk meraih peralatan dapur saat memasak menjadi sangat merepotkan.

Resmi Kantongi Sertifikat Halal Seumur Hidup, Manajemen Dunkin Ungkap Alasan Hilangnya Kata Donuts

Berikut ini salah satu trik jitu untuk menyiasati dapur kecil Anda agar tertata rapi, sehingga memudahkan Anda beraktivitas secara maksimal dalam dapur kecil Anda. Seperti dikutip dari laman Boldsky.

Kunci menyiasati dapur kecil adalah menempatkan semua peralatan umum yang sering digunakan dalam satu tempat. Berikan juga penataan yang rapi agar dapur tidak terlihat semakin sempit. Selain itu, jangan lupa untuk selalu bersihkan peralatan tersebut. Berikut beberapa kreasi yang bisa Anda coba untuk menata peralatan di dapur Anda yang kecil.

Moms! Masak Jauh Lebih Efisien Kalau Punya 4 Small Cooking Appliances Ini

1. Gantung di dinding
Menaruh peralatan dapur di lantai, malah akan membutuhkan ruangan yang lebih banyak lagi. Siasati dengan memasang gantungan berbentuk huruf "S" lalu taruh beberapa peralatan dapur di gantungan tersebut. Selain mudah dijangkau, cara tersebut tidak memakan banyak tempat.

2. Barisan pisau
Jika Anda memiliki beberapa laci di dapur, berikan tempat tersebut khusus untuk pisau dan sendok. Cukup dikeluarkan saat Anda membutuhkannya, agar dapur kecil tertata lebih rapi.

Punya Dapur Dicap Mampu? Warga Miskin Jakarta Dicoret dari KJP Plus dan KJMU

3. Gantungan kayu
Trik ini bisa Anda gunakan agar menata beberapa peralatan dapur yang kecil-kecil seperti beberapa cangkir lucu terlihat lebih menarik di dapur yang cenderung kecil. Pasang gantungan kayu di area yang dinding yang cukup luas, lalu tata cangkir sesuai kelompoknya.

4. Lemari dinding
Untuk beberapa peralatan dapur yang umum dan mudah dipegang seperti piring dan mangkuk, bisa disimpan di lemari yang dipasang di dinding. Hal ini sangat jitu untuk mengurangi pemakaian ruangan lebih.

5. Kelompokkan peralatan
Selalu jadikan satu benda-benda yang sekelompok agar terlihat lebih tertata. Jangan satukan antara piring besar dan kecil karena akan memperburuk tampilan dapur dan membuat ruangan terlihat berantakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya