Rahasia Kaya Lewat Jualan Online

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Belakangan semakin banyak orang memanfaatkan teknologi untuk berbisnis. Salah satu cara yang ditempuh dengan membuka lapak penjualan barang di situs online. Ya, berjualan onlinea atau membuka toko online tergolong susah-susah gampang.

Potensi Ekonomi Digital RI US$133 Miliar, Peluang Bisnis Saat Pandemi

Jika beruntung, Anda bisa mendapat banyak pesanan dalam waktu singkat. Tapi, jika tidak, Anda harus menunggu lama bahkan hingga putus asa dan memutuskan untuk tidak lagi menjual barang secara online.

Sebenarnya untuk menjaring pembeli di dunia online tergolong mudah. Selain kelihaian mempromosikan dagangan Anda, hal berikut juga perlu jadi perhatian saat membuka lapak online menurut Chief Marketing Officer OLX Edward Kilian.

Chatib Basri Beberkan Sektor yang Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

Pertama, pastikan foto barang yang Anda jual jelas dan sesuai dengan aslinya. Selain foto asli, pasang gambar dengan kualitas yang bersih.

Kedua, beri deskripsi jelas mengenai barang yang dijual. Semakin detail semakin baik dan pastikan Anda menyusun deskripsi dengan rapi.

Tips Bisnis Sukses di Masa Pandemi, Optimalkan Penjualan Online

"Standar ya, judul, foto jelas, deskripsinya ada dan rapi. Semakin jujur, makin jelas dideskripsikan makin mudah terjadi transaksi," ujar Edward saat ditemui di kantor OLX, Jakarta, Jumat, 17 Februari 2017.

Ketiga, harga juga dapat menjadi penentu. Untuk barang umum yang mudah ditemui, Edward menyarankan untuk menjual sesuai harga pasar. Biasanya barang tidak laku dapat disebabkan oleh harga yang tidak sesuai dengan barang yang dijual.

"Yang enggak laku biasanya berkaitan dengan harga. Biasanya orang jual 'enggak rela'. Orang lain jual Rp7 juta terus kita mau Rp7,5 juta. Justru makin tinggi makin ragu-ragu orang menawar kecuali itu barang unik atau kolektibel," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya