Cara Terbaik Dampingi Perempuan Korban Kekerasan

ilustrasi
Sumber :
  • pixabay/counselling

VIVA.co.id – Salah satu penyebab para perempuan korban kekerasan enggan bersuara untuk melaporkan kasusnya, ialah stigma negatif yang diberikan oleh masyarakat. Banyak yang menganggap bahwa perempuan yang mengungkap kasus yang menimpanya, sebagai membuka aib keluarga, atau menjatuhkan martabat keluarga.

Kekerasan Pada Perempuan Masih Tinggi, Berbagai Pihak Lakukan Ini

Padahal, menurut Campaign Manager Lentera Lintas Indonesia, Sophia Hage, cara terbaik untuk membantu perempuan korban kekerasan, salah satunya dengan mendengarkan.

"Yang paling penting dan sederhana ialah mendengar dan tidak menghakimi," ungkap Sophia, saat ditemui di Komnas Perempuan, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 8 Maret 2016.

Ini Upaya Pemprov DKI Tangani Kekerasan pada Perempuan dan Anak

Dia mengatakan, respons orang terdekat ketika mendengar cerita dari para perempuan korban kekerasan, akan sangat menentukan respons selanjutnya. Respons dan tanggapan yang salah justru akan membuat para korban semakin tersudutkan dan terstigmatisasi.

"Jadi, bagaimana dia melihat respon saya. Jadi mendengar,  tidak menghakimi dan selain itu, bisa mempunyai perspektif dia sebagai seorang korban," ungkap dia.

Angka Kekerasan Meningkat, Begini Terobosan Keren Komnas Perempuan

Lebih jauh, dia mengatakan, pemulihan terhadap perempuan korban kekerasan dimulai saat pertama kali korban mengungkapkan dan bercerita pada orang terdekatnya.

"Pemulihan itu dimulai pada saat cerita. Pada saat pertama kali dia bercerita mungkin bukan ke aktivis, dan polisi, tetapi ke orang terdekat," kata dia.

Ia melanjutkan, jika kita hanya melihat dari perspektif sebagai korban ini akan sangat signifikan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya