Selain Cantik, Ini Manfaat Tanaman di Kamar Mandi

Tanaman anggrek
Sumber :
  • pixabay.com

VIVA.co.id – Beragam manfaat yang dihasilkan dari tanaman, selain mempunyai peran sebagai penghasil oksigen untuk kesehatan juga sering digunakan oleh penghuni rumah untuk mempercantik tempat tinggal. Melansir dari situs womensday.com, kita bisa dapatkan keduanya di kamar mandi.

Baru 3 Minggu Tinggal di Kontrakan, Pria 49 Tahun Ditemukan Tewas Membusuk di Kamar Mandi

Memanfaatkan dua fungsi sekaligus, dengan menempatkan tanaman di satu ruang dalam rumah bukanlah hal yang aneh. Bahkan, semakin banyak pemilik rumah menambahkannya ke area yang sering terabaikan, termasuk di kamar mandi. 

Sebenarnya, berdasarkan laporan dari rumah Pinterest 2017, pencarian untuk "tanaman mandi" telah meningkat lebih dari 302 persen pada tahun lalu.

Viral WC dengan Desain Gemerlap Diskotik, Netizen: Jongkok Jedag Jedug!

Menyimpan tanaman di shower sebenarnya memiliki sejumlah keuntungan. Selain meningkatkan kualitas udara di kamar mandi, mereka juga menyerap kelembaban berlebih, menghilangkan bakteri dan bisa langsung mengubah ruangan menjadi ruang spa yang menenangkan.

Sebab, tanaman telah terbukti meningkatkan mood, meningkatkan kreativitas, menyaring racun di udara dalam ruangan dan menghasilkan oksigen merupakan alasan bagus untuk berinvestasi di beberapa tanaman hias.

Viral, Pasangan Menikah di Kamar Mandi Pom Bensin

Untungnya, ada sejumlah spesies umum yang tumbuh subur dalam kondisi tropis yang biasanya disediakan oleh kamar mandi. Padahal, banyak tanaman tropis yang sulit tumbuh, seperti anggrek, tumbuh subur saat diletakkan di kamar mandi yang lembab.

Tapi sebelum menggantung tanaman di atau dekat pancuran, pastikan Anda mempertimbangkan jumlah sinar matahari yang diterima kamar mandi. Pemilik rumah dengan kamar mandi yang menerima tingkat cahaya cenderung rendah harus memilih tanaman seperti bambu, lidah buaya, filodendron berhias daun, anggrek, tanaman laba-laba atau pakis Boston.

Sedangkan, untuk kamar mandi dengan jendela besar dan akses ke sinar matahari, cobalah tanaman udara, gardenias, azalea atau pakis asparagus.

Ada juga banyak pilihan tampilan cantik untuk dipertimbangkan. Anda dapat menempatkan tanaman di keranjang gantung dan menangguhkannya dari batang shower, memposisikannya dalam pot di samping bak mandi, atur di atas rak shower, letakkan di atas ambang jendela atau bahkan tanamlah di caddie shower

Perlu diingat, meskipun tanaman ada di dalam kamar mandi, jangan sampai lupa menyiramnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya