Danau Toba Bisa Tarik Investasi US$ 1 Miliar

Danau Toba, Sumatera Utara
Sumber :
  • sumutprov.go.id

VIVA.co.id – Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia, atau IAPI ikut terlibat dalam kolaborasi perencanaan di kawasan Danau Toba, yang ditetapkan pemerintah sebagai 10 destinasi pariwisata unggulan nasional.

Wajib Halal Oktober 2024, BPJPH Yakin Dorong Pengembangan Pariwisata Ramah Muslim di RI

Keterlibatan ini, sekaligus menjadi bukti dukungan asosiasi profesi tersebut terhadap pengembangan pariwisata di Tanah Air.

Bertempat di Hotel Inna Prapat, sekitar 80 perencana dari seluruh Indonesia bersama delapan pemerintah kabupaten/kota dan tujuh kementerian, berkumpul menyampaikan masukannya, demi terwujudnya perencanaan pengembangan kawasan Danau Toba yang terbaik.

Harga Tiket Pesawat Domestik Bikin Masyarakat Menjerit, Sandiaga Uno: Itu Kelas Bisnis!

Kegiatan Collaborative Planning Workshop (CPW) tersebut digagas IAP, yang didukung Kementerian koordinasi Maritim dan Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BPODT).

Ketua Umum IAPI, Bernardus Djonoputro, seperti dikutip dari keterangannya, Selasa 16 Mei 2017, menekankan pentingnya disiplin proses perencanaan dalam program nasional seperti ini. Dengan melibatkan 80 perencana dari seluruh Indonesia, ungkapnya, maka rencana pengembangan pariwisata Danau Toba akan mendapat lebih banyak masuk, sehingga bisa lebih terencana dan terarah.

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

“Upaya untuk mencapai target besar pemerintah di sektor pariwisata itu, tentu saja butuh proses perencanaan yang baik dengan melibatkan banyak aktor,” ujar Bernardus.

IAP adalah organisasi tunggal profesi perencana wilayah dan kota di Indonesia yang didirikan sejak 1971. Saat ini, beranggotakan 3.000 perencana, dengan 1.700 perencana bersertifikat.

Menurut Bernie, demikian dia akrab dipanggil, pembangunan pariwisata nasional menjadi salah satu agenda prioritas pemerintah sampai dengan 2019. Ditargetkan sektor ini mampu mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara, membuka 13 juta lapangan kerja, serta meningkatkan kontribusi sektor pariwisata menjadi 15 persen terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional.

Sementara itu, kawasan Danau Toba adalah salah satu dari tiga kawasan yang mendapat prioritas untuk dikembangkan pada tahun ini. Salah satu danau geopark terbesar di dunia ini terbentang di delapan daerah kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara, dengan potensi atraksi wisata yang luar biasa. Destinasi wisata ini ditargetkan mampu mendatangkan satu juta wisatawan mancanegara dan menarik investasi sekitar US$1 miliar.

“Ini bukan target yang mudah, namun dengan perencanaan yang matang dan terstruktur dengan pendekatan perencanaan kolaboratif, saya kira, Danau Toba mampu memenuhi harapan pemerintah itu,” ujar Bernie.

Perencanaan kolaboratif bertujuan meningkatkan sinergi sumber daya yang dimiliki oleh berbagai pemangku kepentingan pariwisata Danau Toba. Karena disadari bahwa anggaran pemerintah tidak akan cukup untuk mendanai program-program pengembangan wisata dalam jangka panjang.

Karena itu, agar partisipasi dunia usaha dan masyarakat semakin meningkat, maka perlu suatu pendekatan perencanaan yang memfasilitasi proses komunikasi antar aktor tersebut secara kontiniu, efektif, dan tepat guna. Melalui proses perencanaan yang inklusif diharapkan tumbuh kepercayaan antarberbagai pihak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya