Rumah Bawah Tanah Khas Tunisia, Ini Manfaatnya

Rumah warga Tunisia di bawah tanah
Sumber :
  • amusingplanet

VIVA.co.id – Banyak komunitas di seluruh dunia, terutama di daerah beriklim panas, secara tradisional tinggal di gua untuk menghindari panas. Tak ketinggalan, orang Berber dari Matmata, sebuah desa kecil di Tunisia selatan juga melakukan hal serupa.

Rekaman Rahasia Saat Diktator Tunisia Dilengserkan Picu Arab Spring

Namun, seperti dilansir Amusing Planet, mereka tak serta merta tinggal di dalam gua. Sebagai gantinya, mereka menggali lubang besar di bawah tanah yang kemudian ditata menjadi bangunan rumah.

Rumah warga Tunisia di bawah tanah

Aljazair Juara FIFA Arab Cup 2021 Usai Bungkam Tunisia

Adapun ruang terbuka di tengah-tengah lubang-lubang tersebut yang berfungsi sebagai halaman dan saling terhubung ke halaman dari lubang atau rumah di sekitarnya. Di mana halaman itu seperti parit yang membentuk labirin bawah tanah yang besar.

Matmata dan beberapa kota serupa di Tunisia menempatkan rumah bawah tanah itu secara manual dan telah menjadi tradisi selama ribuan tahun. Namun, cukup kokoh hasil tangannya untuk membuat rumah-rumah itu selama berabad-abad.Rumah warga Tunisia di bawah tanah

Jadi Dubes, Zuhairi Misrawi Kontemplasi ke Makam BK dan Wali Songo

Dataran Tinggi Matmata, tempat tinggal jenis ini ditemukan, berada di samping koridor sempit yang merupakan satu-satunya jalur darat antara Libya dan Tunisia. Wilayah ini telah dikuasai oleh penjajah sepanjang sejarah, memaksa Orang Berber mundur ke dataran tinggi tempat mereka mulai menggali rumah-rumah di pegunungan. 

Kemudian, saat hubungan dengan penjajah Arab semakin bersahabat, Orang Berber mulai merasa lebih aman, dan banyak yang pindah ke bawah dan mengembangkan desa dan rumah di lereng gunung yang rendah dan kemudian di dataran.

Saat ini, rumah bawah tanah itu merupakan objek wisata di daerahnya. Selain itu, Matmata juga memiliki ikon lain yang terkenal lantaran dijadikan lokasi syuting film Star Wars, yakni rumah Luke Skywalker yang merupakan hotel bawah tanah bernama Sidi Driss.

Dapur rumah warga Tunisia

Rumah warga Tunisia di bawah tanah

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya